4 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan, Apa Saja?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 298 2261089 4-manfaat-minum-kopi-bagi-kesehatan-apa-saja-9jhlb9hxgV.jpg Minum kopi pagi hari (Foto: Freepik)

Minum kopi merupakan rutinitas menyenangkan yang sering dilakukan oleh banyak orang di pagi hari. Sebab kopi bisa menjadi mood booster dan semangat saat bekerja.

Seperti dilansir dari Harpersbazaar, selain bikin mata melek saat bekerja, berikut ini 4 manfaat kopi yang perlu Anda ketahui. Apa saja?

 mencegah depresi

1. Mencegah depresi

Sebuah studi menemukan, ternyata minum kopi 2-4 cangkir sehari dapat menurunkan risiko mengalami depresi pada perempuan. Bahkan ada studi yang menemukan, orang yang minum 2-4 cangkir kopi memiliki risiko 50 persen lebih rendah melakukan bunuh diri. Bunuh diri biasanya dilakukan karena seseorang sangat depresi dan putus asa.

2. Meningkatkan metabolisme

Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa kafein meningkatkan metabolisme 3-10 persen. Bahkan, banyak studi telah mengklaiim bila kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak higga 29 persen. Minum minuman berkafein sebelum berolahraga juga akan meningkatkan kinerja dengan membangkitkan adrenalin dalam darah.

3. Mengurangi risiko terkena kanker

Minum kopi bisa melindungi Anda dari beberapa jenis kanker. Antara lain kanker payudara, kulit, prostat, dan kanker otak.

Baca juga: Body Goals Nia Ramadhani di Atas Yacht Mewah, Iri Bilang Bos!

4. Mencegah penyakit parkinson

Penelitian menunjukkan, hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan risiko mengembangkan penyakit Parkinson. Studi paling terkenal di tahun 2001, menunjukkan bahwa minum 4-5 cangkir kopi setiap hari mengurangi risiko Parkinson hingga hampir 50 persen.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini