Generasi Micin, Intip Nih Cara Buat Keripik Kentang BBQ Anti-Gagal

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 298 2261185 generasi-micin-intip-nih-cara-buat-keripik-kentang-bbq-anti-gagal-bp8cK0AROL.jpg Ilustrasi. (Freepik)

KERIPIK kentang menjadi camilan favorit para generasi micin. Sayangnya, tak semua orang bisa membuat sendiri di rumah.

Nah, kalau Anda penasaran ingin membuat keripik kentang, ada trik yang bisa Anda ikuti. Cara membuatnya sangat mudah dan lebih hemat kocek.

Berikut dasar-dasar di balik pembuatan keripik kentang rumahan yang sempurna, seperti dilansir Okezone dari Thedailymeal.

Baca Juga: Centilnya Mama Nia Ramadhani, Kini Pakai Swimwear Kembaran Sama Anak

 

Buatlah irisan yang tipis

 keripik

Bagian terpenting dari keripik kentang, yang membuatnya populer sejak 1853 hingga sekarang, adalah irisan tipis dan tekturnya renyah. Untuk mendapatkan keripik kentang renyah, iris kentang dengan ketebalan 1/8 inci. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan parutan keripik. Jika tidak ada, mulailah mengasah kemampuan mengiris Anda menggunakan pisau biasa.

Rendam kentang

Kandungan gula tinggi pada kentang menjadi alasan bahan makanan ini menjadi musuh bagi pelaku diet. Cara terbaik untuk menyingkirkan sisa kandungan gula pada kentang atau membersihkan patinya adalah dengan merendamnya di air dingin. Proses perendaman dengan air dingin juga mencegah kentang teroksidasi sehingga warnanya tidak akan berubah kecoklatan. Selama proses ini, Anda bisa mempersiapkan bumbu favorit untuk taburan kentang.

 

Keringkan kentang

Pengalaman paling menyenangkan makan keripik kentang adalah minyak yang lumer di mulut ketika Anda menggigitnya. Untuk mendapatkan sensasi tersebut, yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan kandungan air dalam kentang. Sebelum kentang digoreng, pastikan kandungan airnya berkurang atau kentang menjadi kering. Caranya, letakkan kentang yang telah diiris di atas selembar kertas handuk dan gulung sambil ditekan untuk menyerap kelebihan air.


Goreng secara bertahap

Masukkan kentang yang telah diiris ke dalam minyak panas dengan suhu 95 derajat Celsius, perlahan naikkan panas minyak menjadi 175 derajat Celsius. Ketika kentang digoreng pada suhu rendah, air akan keluar sehingga minyak akan masuk ke lapisan kentang.

Tiriskan kelebihan minyak

Sedikit kandungan minyak pada kentang goreng termasuk bagus. Namun, jika kentang goreng Anda mengandung banyak minyak, maka tiriskan dengan sutil berlubang lalu letakkan di atas wadah yang telah dialasi kertas tisu. Segera bumbui dan aduk hingga bumbu merata.

Bumbui

Anda merasa garam tidak cukup? Gunakan rempah-rempah pilihan untuk membumbui keripik kentang. Anda bisa menambahkan bumbu BBQ instan yang dijual di pasar. Sesuaikan dengan selera Anda agar tidak terlalu asin dan keripik kentang enak dinikmati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini