5 Bahaya Melewatkan Makan saat Diet Turunkan Berat Badan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 481 2260974 5-bahaya-melewatkan-makan-saat-diet-turunkan-berat-badan-aP8HMYftzM.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Gaya hidup yang kurang sehat memang membuat Anda memiliki berat badan berlebih. Jika sudah gemuk, banyak orang yang menginginkan untuk melangsingkan kembali tubuhnya.

Umumnya, mereka akan melakukan diet yang seringkali melewatkan waktu makan. Alih-alih ingin menurunkan berat badan, melewatkan waktu makan justru dapat memberikan dampak buruk pada tubuh Anda.

Melansir Times of India pada Rabu (12/8/2020), 5 hal ini yang akan terjadi pada tubuh Anda jika melewatkan waktu makan.

Makan berlebihan

Makan Berlebihan

Tidak makan dalam waktu lama kemungkinan besar akan membuat Anda makan berlebihan pada waktu makan berikutnya. Ketika Anda membuat tubuh Anda kelaparan untuk waktu yang lama, secara alami tubuh akan menuntut lebih banyak makanan saat Anda makan untuk mengimbangi energi yang hilang.

Dikatakan juga bahwa melewatkan waktu makan dapat meningkatkan keinginan Anda untuk makanan olahan dan junk food dan pada gilirannya membuat Anda makan lebih banyak dari sebelumnya. Jadi, melewatkan waktu makan kemungkinan besar akan membuat berat badan Anda bertambah daripada menurunkannya.

Baca Juga : Intip Liburan Nia Ramadhani Basah-basahan di Kolam Renang, Bikin Gagal Fokus!

Menurunkan metabolisme

Tubuh manusia beradaptasi dengan gaya hidup yang telah Anda buat. Jika Anda biasanya makan tiga kali sehari, melewatkan waktu makan di antaranya dapat mempengaruhi metabolisme tubuh Anda. Singkatnya, metabolisme Anda melambat, begitu pula dengan tingkat penurunan berat badan Anda.

Akibat melewatkan makan, metabolisme Anda mulai mengubah lemak menjadi energi. Hal ini dapat membuat Anda rentan terhadap masalah kesehatan seperti kelelahan, tekanan darah rendah, kelelahan, dan mual.

Peningkatan gula darah

Tubuh manusia normal membutuhkan karbohidrat, yang bertindak sebagai bahan bakar tubuh. Saat Anda melewatkan waktu makan, tubuh Anda tidak mendapatkan dosis karbohidrat yang biasa.

Penurunan nutrisi ini selanjutnya menurunkan kadar gula darah tubuh. Fluktuasi kadar gula darah dalam tubuh dapat membuat Anda rentan terkena diabetes pada tahap kehidupan selanjutnya.

Cek Gula

Kelelahan

Tidak makan selama berjam-jam dapat membuat Anda merasa lebih cepat lelah. Anda juga akan merasa pusing karena perut dalam keadaan kosong. Saat kadar glukosa darah turun, tubuh Anda mulai merasa lelah dan terkuras.

Perasaan ini mungkin membuat Anda merasa lesu serta tidak bisa berpikir jernih. Oleh karena itu, penting untuk makan setidaknya tiga kali sehari untuk tetap memberi tubuh Anda energi dengan dosis yang konstan.

Masalah perut

Perut Anda akan terus menghasilkan cairan perut meskipun Anda tidak makan apa pun. Cairan ini bisa menyebabkan keasaman dan gas. Tidak makan dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung yang bisa menyebabkan masalah perut seperti maag dan sembelit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini