1.309 Relawan Ikuti Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung, Apa Sih Efek Sampingnya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 481 2260977 1-309-relawan-ikuti-uji-klinis-vaksin-covid-19-di-bandung-apa-sih-efek-sampingnya-xyWUKLmSEK.jpg Ilustrasi. (Freepik)

INDONESIA baru saja mulai melaksanakan uji klinis vaksin Sinovac untuk mengatasi virus corona Covid-19. Uji klinis tersebut diselenggarakan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sekadar informasi, calon vaksin Covid-19 yang diuji coba di RSP Unpad pada Selasa 11 Agustus 2020 merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan Bio Farma dengan perusahaan asal Cina, yakni Sinovac. Tentunya banyak masyarakat yang penasaran dengan hasil uji klinis itu.

Baca Juga: Centilnya Mama Nia Ramadhani, Kini Pakai Swimwear Kembaran Sama Anak

 vaksin

Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 FK Unpad, Rodman Tarigan, mengatakan bahwa uji klinis telah dilakukan di RSP Unpad. Uji klinis ini melibatkan ribuan relawan dengan tujuan untuk melihat efektivitas dari vaksin calon vaksin Covid-19 ini.

“Total per Rabu 12 Agustus 2020 ada 1.309 calon subjek. Untuk melihat efektivitasnya maka para relawan yang mengikuti uji klinis akan dipantau selama enam bulan lamanya,” terang Rodman, saat diwawancarai Okezone melalui pesan singkat, Rabu (12/8/2020).

 

Di saat bersamaan Rodman juga mengatakan bahwa dalam uji klinis tersebut terdapat beberapa efek samping atau gejala yang muncul pada relawan. Meski demikian, efek samping tersebut bukanlah sesuatu yang berat dan akan sembuh dengan sendirinya.

“Bisa bengkak, kemerahan dan nyeri bekas suntikan. Bisa demam namun dalam 24-48 jam bisa hilang,” lanjut Rodman.

Ia menambahkan, nantinya para relawan akan dipantau selama enam bulan lamanya untuk melihat efikasi (kemampuan vaksin untuk memberi manfaat bagi individu yang diimunisasi). Rodman pun berharap semoga vaksin ini dapat diproduksi massal pada 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini