Kulit Kepala Sering Gatal, Coba Redakan dengan 4 Bahan Alami Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 611 2260953 kulit-kepala-sering-gatal-coba-redakan-dengan-4-bahan-alami-ini-ti7HzTw2DZ.jpg Minyak kelapa (Foto: Pixabay)

Meski tidak berbahaya, namun kulit kepala yang gatal seringkali menimbulkan ketidaknyamanan. Mulai dari terganggunya aktivitas, sulit konsentrasi, hingga kulit kepala yang terasa perih karena terlalu sering digaruk.

Umumnya, terlalu lembab adalah penyebab utama kulit kepala gatal. Karena kelembaban dan keringat, kulit kepala kita menjadi berminyak, yang pada akhirnya menyebabkan pori-pori tersumbat.

Kotoran yang mengotori pori-pori memicu iritasi kulit dan membentuk jerawat kulit kepala yang terasa nyeri dan gatal.

Namun, Anda tidak usah khawatir, karena Anda bisa menggunakan 4 bahan-bahan alami berikut ini untuk meredakan gatal di kulit kepala seperti yang telah dilansir dari laman Times of India pada Rabu (12/8/2020).

 tea tree

1. Tea tree oil

Tea tree oil kaya akan sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang membantu kulit kepala Anda menyingkirkan mikroba penyebab jerawat. Untuk menggunakannya secara efisien, cuci rambut Anda terlebih dahulu dengan sampo. Kemudian tambahkan 6 hingga 7 tetes tea tree oil ke dalam kondisioner dan aduk rata. Oleskan pada kulit kepala dan helai rambut Anda dan bersihkan dengan lembut. Ulangi langkah ini tiga kali seminggu.

2. Minyak kelapa

Sama seperti tea tree oil, minyak kelapa juga kaya akan sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Yang Anda butuhkan untuk melakukannya adalah menerapkannya pada kulit kepala dan helai rambut Anda dan biarkan selama satu jam atau lebih. Kemudian cuci bersih menggunakan sampo ringan. Ulangi dua kali setiap minggu dan lihat hasilnya.

 

3. Lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan terbaik untuk mengobati segala jenis jerawat. Bahkan untuk jerawat di kulit kepala, lidah buaya bisa memberikan keajaiban. Dengan khasiat penyembuhan dan anti-inflamasi, lidah buaya dapat meredakan kulit Anda dari peradangan dan iritasi. Ekstrak saja gel lidah buaya dan oleskan pada kulit kepala Anda dan biarkan selama setengah jam. Cuci dengan lembut dengan air dingin dan ulangi dua kali seminggu.

 Baca juga: Body Goals Nia Ramadhani di Atas Yacht Mewah, Iri Bilang Bos!

4. Minyak jojoba

Minyak jojoba kaya akan vitamin C, sifat antibakteri dan non-komedogenik, yang menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala rambut dan membuka semua pori-pori. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan beberapa tetes minyak jojoba ke dalam sampo Anda dan mengoleskannya secara menyeluruh pada rambut dan kulit kepala Anda. Ini akan mengurangi kemerahan pada kulit kepala Anda dan akan menghindari kemungkinan timbulnya jerawat di kulit kepala.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini