Penampakan Kelelawar Cute, Mini dan Berwarna Putih

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 612 2260832 penampakan-kelelawar-cute-mini-dan-berwarna-putih-9cj4zaJlSY.jpg Kelelawar cute (Foto: Oddity Central)

Kelelawar identik dengan hewan malam berwarna gelap. Namun, ada satu spesies kelelawar unik yakni kelelawar putih Honduras atau biasa disebut dengan Caribbean White Tent-Making Bat.

Kelelawar unik ini ini sangat cute seperti bola bulu berwarna putih dengan motif kuning. Sayangnya kelelawar cute ini hanya bisa ditemui di hutan tropis negara-negara Amerika Tengah seperti Honduras, Nikaragua, Kosta Rika dan bagian barat Panama.

 Kelelawar cute

Kelelawar ini memiliki bulu putih yang khas dan ukuran yang sangat kecil. Ukuran kelelawar ini bahkan tercatat berada di bawah lima centimeter. Karena warnanya putih, penampilan umum kelelawar ini sangatlah cute.

Kelelawar ini juga tidak tinggal di gua, dan tidak menghisap darah. Selain itu fakta lain menyebut bahwa kelelawar ini juga mampu mengubah daun besar dari tanaman heliconia menjadi rumah koloni sementara.

Daun dari pohon ini memiliki urat besar yang menjulur ke luar dari batang tengah. Dengan mengunyah batang ini, maka sisi daun akan runtuh ke bagian samping dan menciptakan tenda alami untuk tempat mereka bertengger. Meski warna mereka mencolok, namun para peneliti mengatakan bahwa sebenarnya itu adalah kamuflase yang bagus di habitat alami makhluk tersebut.

 Baca juga: Body Goals Nia Ramadhani di Atas Yacht Mewah, Iri Bilang Bos!

Hutan Honduras terkenal akan dedaunannya yang berwarna putih, sementara sinar matahari yang masuk melalui daun berlubang membuat warna kehijauan pada bulu kelelawar. Kamuflase ini membuat mereka semakin sulit untuk dikenali predator.

Sebagaimana dilansir dari Oddity Central, Rabu (12/8/2020), saat ada tanaman bergerak yang mengindikasikan ada predator yang akan datang, dengan sigap kelelawar tersebut pindah menuju tenda daun yang lainnya. Jadi ketika mereka meninggalkan satu tenda daun, mereka sudah mengetahui ke mana mereka akan pergi selanjutnya.

Kelelawar ini juga memiliki kemampuan dalam menggunakan karotenoid untuk menghasilkan warna kuning oranye di telinga, hidung dan bibir mereka. Kemampuan unik ini berfungsi untuk mengisolasi karotenoid lutein dari makanannya dan kemudian mengubahnya

Kelelawar ini adalah satu dari dua spesies kelelawar kecil yang hanya memakan buah-buahan. Mereka lebih menyukai tanaman ara dan benar-benar membangun tempat bertenggernya agar dekat dengan sumber makanan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini