5 Tanda Anda Terlalu Banyak Habiskan Waktu di Media Sosial

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 612 2260888 5-tanda-anda-terlalu-banyak-habiskan-waktu-di-media-sosial-qwj2sGRJpY.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Saat ini, kita hidup di era media digital, dimana berbagai platform media sosial memudahkan kita terhubung dengan orang-orang yang tinggal beribu-ribu KM jauhnya hanya dengan satu sentuhan tombol. Pertumbuhan media sosial memang terbukti bermanfaat dalam berbagai hal, namun fakta yang tidak bisa dipungkiri adalah kecanduan.

Melihat beranda sosial media, online shopping, dan penjelajahan yang tidak masuk akal sepanjang hari dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan mental Anda. Berhubungan dengan teman dan keluarga yang tinggal di berbagai kota dan benua memang memberi kita kegembiraan, tetapi hal-hal baik yang berlebihan memiliki sisi negatifnya.

Ada banyak kebiasaan kecil yang mungkin Anda anggap normal, tetapi kenyataannya, itu menunjukkan obsesi media sosial Anda. Melansir Times of India pada Rabu (12/8/2020), berikut adalah 5 tanda bahwa Anda perlu mengurangi waktu pemakaian gadget untuk melihat sosial media.

Mengecek gadget saat bangun tidur dan ingin tidur

Kecanduan Gadget

Mungkin tampak normal bagi Anda untuk memeriksa gadget sebelum tidur, tetapi pernahkah Anda menghitung berapa banyak waktu yang sebenarnya Anda habiskan untuk menggulir akun Facebook atau Instagram Anda, sebelum akhirnya hari ini berlalu?

Beberapa orang bahkan baru bisa tertidur setelah mengecek ponsel dan mengulangi hal yang sama di pagi hari bahkan sebelum bangun dari tempat tidur. Jika Anda merasa itu relevan dengan cara apapun, maka percaya atau tidak, Anda terobsesi dengan media sosial.

Baca Juga : Intip Liburan Nia Ramadhani Basah-basahan di Kolam Renang, Bikin Gagal Fokus!

Menggunakan gadget untuk menunda pekerjaan

Istirahat 10 menit dari pekerjaan Anda dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas Anda. Masalah muncul ketika Anda terlibat di media sosial selama waktu istirahat Anda.

Anda mungkin memiliki keinginan untuk segera memeriksa notifikasi Instagram atau Facebook Anda, tetapi jeda kecil itu dapat dengan mudah berubah menjadi 30 menit atau lebih lama.

Anda akan menemukan begitu banyak hal menarik di sana sehingga Anda lupa waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi lebih baik berjalan-jalan atau melakukan hal lain selama waktu istirahat Anda daripada membuka akun Facebook.

Mengecek ponsel sesaat setelah tanda notifikasi berbunyi

Notifikasi telepon memiliki efek dopamin pada otak, yaitu zat kimia bahagia. Itu membuat Anda merasa seperti Anda dihargai. Sesuai penelitian, dopamin adalah elemen utama di sebagian besar kecanduan. Begitu Anda jatuh di dalamnya, siklus terus berlanjut. Terus-menerus memeriksa notifikasi media sosial Anda sama seperti memicu kecanduan Anda.

Media sosial adalah sumber berita utama Anda

Media sosial bukanlah tempat Anda mencari berita. Ini membawa semua jenis berita, yang tidak dapat Anda andalkan dan lebih memakan waktu untuk memeriksa fakta. Jadi, lebih baik dapatkan pembaruan berita harian Anda dari beberapa situs web berita kredensial.

Kecanduan Gadget

Merasa cemas ketika Anda tidak dapat mengakses media sosial

Pernahkah Anda merasakan sakit di perut atau detak jantung Anda melonjak ketika Anda tidak dapat mengakses akun media sosial Anda? Orang yang kecanduan media sosial akan mengecek notifikasi akunnya setiap 30 menit sekali.

Jika media sosialnya mengalami maintenance atau tidak bisa di akses, mereka akan merasa cemas. Jika muncul kecemasan seperti ini, maka inilah saatnya mengatur kembali waktu untuk menggunakan media sosial agar tidak kecanduan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini