Waspada, Gampang Lelah Bisa Jadi Gejala Tubuh Kurang Kalsium

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 481 2261477 waspada-gampang-lelah-bisa-jadi-gejala-tubuh-kurang-kalsium-zaIIZVcAnq.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Asupan kalsium dalam tubuh tak bisa disepelekan. Salah satu sumber kalsium yang baik bisa didapat dari susu ataupun ikan. Ketika jumlah kalsium di tubuh kurang, maka akan terjadi reaksi yang kurang seimbang di tubuh.

Ya, ada bahaya yang mengintai ketika Anda menyepelekan kalsium. Sebelum menjadi semakin buruk, biasanya tubuh Anda akan menunjukkan beberapa gejala atau tanda-tanda.

Sebelumnya, Anda mesti tahu bahwa kondisi tubuh kekurangan kalsium itu biasa disebut dengan Hypocalcemia. Ketika kondisi ini tak diatasi dengan baik, maka akan terjadi efek jangka panjang yang bisa menyebabkan perubahan kondisi gigi, katarak, perubahan pada otak, dan osteoporosis atau kondisi kerapuhan tulang.

Nah, di artikel ini Okezone coba memberitahu Anda tanda-tanda apa saja yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan kalisum. Dilansir dari Medical News Today, berikut ulasannya khusus untuk Anda:

1. Masalah di otot

Nyeri

Tanda yang mudah dikenali ketika tubuh Anda kekurangan kalsium adalah nyeri otot, mudah kram, bahkan kejang. Rasa nyeri ini biasanya terjadi di area paha, lengan, atau di banyak kasus terjadi di ketiak, saat berjalan ataupun sekadar digerakkan.

Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan di tangan, kaki, tungkai, atau sekitar mulut. Jika kondisi ini sudah muncul, maka Anda sudah dalam level yang cukup parah.

Baca Juga : Foto Jadul Marion Jola Pakai Seragam Pramuka, Lugu Menggemaskan!

2. Merasa mudah lelah

Nah, orang yang selalu ngerasa mudah capek bisa jadi mengalami kekurangan kalsium. Hal ini karena kekurangan kalsium di tubuh membuat Anda insomnia atau sebaliknya, gampang ngantuk.

Kondisi lebih parah ketika Anda merasa udah lelah disertai dengan pusing, tidak fokus, gampang lupa, dan merasa bingung. Kalau sudah alami semua itu, segera periksakan kadar kalsium Anda ke dokter, ya.

3. Tanda di kuku dan kulit

Ketika kondisi kekurangan kalsium sudah kronis, Anda bisa melihatnya lewat kuku atau kulit. Ya, pada kulit, gejala yang muncul adalah kulit terasa kering dan gatal. Para peneliti percaya bahwa ketika tubuh kekurangan kalsium, maka yang akan terjadi adalah eksim atau peradangan kulit.

Sementara itu, tanda di kuku bisa dikenali dengan kuku kering, mudah patah, dan rapuh. Ini juga dapat berkontribusi pada alopecia atau Anda mengalami kerontokan rambut.

4. Osteopenia dan Osteoporosis

Kekurangan kalsium menyebabkan osteopenia dan osteoporosis. Dua hal ini berbeda, yang mana osteopenia adalah kondisi berkurangnya kepadatan mineral di tulang, dan osteoporosis adalah efek lanjutannya. Ya, ketika Anda sudah dikatakan mengalami osteoporosis berarti tulang Anda sudah tipis bahkan rapuh.

5. PMS yang parah

Menstruasi

Ini hanya terjadi pada perempuan. Jadi, ketika seorang perempuan kekurangan kalsium, maka PMS yang terjadi sebelum menstruasi akan terasa lebih parah.

6. Masalah di gigi

Ketika Anda kekurangan kalsium, tanda lain yang bisa terlihat adalah kerusakan pada gigi, seperti gigi rapuh, gigi teriritasi, termasuk lemahnya akar gigi.

7. Depresi

Siapa sangka kalau kekurangan kalsium berkaitan juga dengan depresi. Ya, ketika Anda merasa mudah depresi, maka itu bisa jadi tanda tubuh Anda kekurangan kalisum. Karena itu, jangan sepelekan hal ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini