Awas! Kekurangan Kalsium Berisiko Kanker Usus Besar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 481 2261634 awas-kekurangan-kalsium-berisiko-kanker-usus-besar-W5kBlQZwdf.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Asupan gizi seimbang menjadi kunci dari kesehatan tubuh. Ketika Anda mengaturnya dengan baik, maka imunitas tubuh akan baik. Salah satu nutrisi yang tak bisa disepelekan adalah kalsium.

Ya, kalsium punya peran penting dalam kesehatan tubuh, yang cukup terkenal adalah kekuatan tulang. Ketika kalsium dalam tubuh terpenuhi, maka tulang akan kuat. Sebaliknya, jika Anda kekurangan kalsium, maka risiko osteoporosis menjadi lebih besar.

Tidak hanya itu, kalsium juga punya peran penting dalam kesehatan jantung, melangsingkan tubuh, bahkan melawan kanker. Karena itu, asupan kalsium jangan diabaikan, begitu juga dengan nutrisi tubuh lainnya.

Di sisi lain, ketika Anda kekurangan kalsium, bukan hanya masalah tulang yang akan Anda dapati, tetapi masalah kesehatan lain yang lebih serius bahkan mengancam nyawa. Menurut laman Times of India, ada beberapa risiko kesehatan yang meningkat ketika Anda kekurangan kalsium. Apa saja?

1. Meningkatkan risiko kanker usus besar

Sakit Perut

Peneliti telah membuktikan bahwa rendahnya kadar kalsium dalam tubuh meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus besar. Penelitian telah menemukan bahwa orang dengan kadar kalsium yang cukup dalam tubuhnya mengalami penurunan risiko tumor adenoma, yang terkait dengan kanker usus besar.

Baca Juga : Potret Kece Marion Jola hingga Iqbaal Ramadhan Pakai Baju Pramuka, Gumush Banget!

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Kadar kalsium yang tidak mencukupi dalam tubuh meningkatkan dua kali lipat risiko penyakit jantung. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di National Institute of Health, kadar normal kalsium dalam tubuh menurunkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, agar jantung tetap sehat, jangan lupa mengonsumsi makanan kaya kalsium.

3. Meningkatkan risiko tekanan darah tinggi

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut juga dengan istilah hipertensi. Ketika Anda mengalami tekanan darah tinggi, itu dapat menjadi sumber bagi banyak masalah kesehatan lainnya, oleh karena itu, sebaiknya periksa tekanan darah Anda secara rutin.

Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu mengurangi dan bahkan mencegah tekanan darah tinggi, klaim studi.

Hipertensi

4. Meningkatkan risiko menopause dini

Seperti yang kita ketahui bersama, menopause adalah saat wanita berhenti menstruasi setelah usia tertentu. Selama menopause, tulang menjadi lemah dan membutuhkan kalsium dalam jumlah yang cukup untuk tetap kuat dan mencegah cedera. Wanita pada tahap ini harus menjaga kebiasaan makan mereka secara khusus untuk menjaga tingkat kalsium yang cukup dalam tubuh mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini