Hati-Hati, Potensi Perokok Terjangkit Covid-19 Jauh Lebih Tinggi

Kamis 13 Agustus 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 481 2261681 hati-hati-potensi-perokok-terjangkit-covid-19-jauh-lebih-tinggi-ZxX4lmuojQ.jpg Merokok (Foto: Pinterest)

Di tengah pandemi Covid-19, semua orang wajib menjaga kesehatan dirinya masing-masing. Termasuk para perokok juga harus makin menjaga kesehatannya.

Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyatakan, potensi perokok terjangkit Covid-19 dua sampai tiga kali lebih tinggi dari yang tidak merokok. Hal tersebut disebabkan oleh jumlah reseptor ACE 2 atau tempat duduknya Sars Cov-II di saluran pernapasan para perokok lebih banyak.

Ketua Umum PDPI Agus Dwi Susanto mengatakan, penyebab lain adalah asap rokok dapat menurunkan imunitas tubuh. Padahal, peran imunitas ini sangat penting dalam menghambat terjadinya infeksi virus dan bakteri.

 merokok

“Bahan-bahan yang ada di dalam asap rokok terbukti mengganggu proses migrasi berbagai sel-sel imunitas tubuh saat melawan infeksi. Ketika seorang perokok mengalami infeksi, migrasi dari sel-sel imunitasnya itu akan menurun,” terangnya dalam keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Seperti dilansir dari Sindo News, Agus mengungkapkan mengenai ancaman besar bagi orang-orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid). Orang yang memiliki penyakit komorbid, seperti jantung, hipertensi, dan diabetes, punya potensi lebih besar untuk terjangkit Covid-19.

 Baca juga: 4 Gaya Manja Celine Evangelista Ngasuh Anak, Buat Papa Muda Makin Pusing

Seperti dilansir dari Sindo News, merokok dapat meningkatkan potensi komorbid yang lebih banyak. “Penyakit-penyakit komorbid ini lebih banyak ditemukan pada seorang perokok. Akibatnya, ketika perokok memiliki komorbid menimbulkan risiko terjangkit Covid-19,” tuturnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini