Alasan Perokok Rentan Terkena Covid-19

Kamis 13 Agustus 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 481 2261689 alasan-perokok-rentan-terkena-covid-19-bffjEb5sx1.jpg Merokok (Foto: The Classy Woman)

Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyatakan, potensi perokok terjangkit Covid-19 dua sampai tiga kali lebih tinggi dari yang tidak merokok. Hal tersebut disebabkan oleh jumlah reseptor ACE 2 atau tempat duduknya Sars Cov-II di saluran pernapasan para perokok lebih banyak.

Ketua Umum PDPI Agus Dwi Susanto mengatakan, penyebab lain adalah asap rokok dapat menurunkan imunitas tubuh. Padahal, peran imunitas ini sangat penting dalam menghambat terjadinya infeksi virus dan bakteri.

 merokok

Perokok, terang Agus, paling rentan sebab para perokok punya kebiasaan memegang rokok secara berulang-ulang. Ini menyebabkan transmisi virus ke dalam tubuh meningkat. Hal itu disebabkan adanya inhalasi dari tangan ke saluran pernapasan.

Seperti dilansir dari Sindo News, Agus menjelaskan, angka kematian (mortalitas) pada perokok menempati presentasi yang cukup tinggi.

"Kalau perokok terkena Covid-19 dan meninggal itu 25%. Sedangkan mortalitas umum di dunia sekitar 5%," ujar Agus.

Ketua Forum Jogja Sehat Tanpa Tembakau (JSTT) Yayi Suryo Prabandari mengatakan, perlu edukasi yang masif di berbagai media. Itu untuk menciptakan kesadaran masyarakat akan bahaya merokok di tengah pandemi Covid-19.

 Baca juga: 4 Gaya Manja Celine Evangelista Ngasuh Anak, Buat Papa Muda Makin Pusing

“Masyarakat harus menjalankan seluruh protokol kesehatan dan gerakan masyarakat hidup sehat,” pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini