Tips Cantik Pakai Masker Biar Wajah Enggak Jerawatan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 611 2261821 tips-cantik-pakai-masker-biar-wajah-enggak-jerawatan-kPtMDN7M5o.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PAKAI masker saat keluar rumah jadi kebutuhan utama seseorang di masa pandemi Covid-19. Sayangnya kalau terlalu lama pakai masker bisa membuat wajah Anda berjerawat.

Saat pakai masker, Anda dapat menghirup dan menghembuskan napas, yang dapat membuat keadaan menjadi lembap. Akibatnya bisa menyumbat pori-pori dan kelenjar keringat, yang menyebabkan jerawat serta komedo.

Baca Juga: 4 Gaya Manja Celine Evangelista Ngasuh Anak, Buat Papa Muda Makin Pusing

masker

Seorang dokter kulit dari Pune mengatakan, pakai masker juga dapat menyebabkan gesekan pada kulit yang menciptakan melanosit. Nantinya juga menyebabkan hiperpigmentasi.

"Meskipun memakai masker saat keluar rumah atau bertemu orang sangat penting dilakukan, tetapi pastikan bahwa Anda membelinya dengan bahan yang tepat, yang ringan dan tidak terlalu keras untuk kulit," paparnya seperti dikutip dari laman Times of India, Kamis (13/8/2020).

Untuk mencegah masalah kulit terkait masker, Dokter Kavya menyarankan agar seseorang hanya memakai masker setelah membersihkan wajah secara menyeluruh dan mengoleskan krim pelembab yang baik.

“Krim tersebut bertindak sebagai penghalang antara kain masker dan kulit Anda, sehingga membantu menghindari gesekan dan ruam,” jelasnya.

Mereka yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat perlu mendapatkan perawatan khusus juga, menurut Dokter Shweta Iyengar, ahli kulit dari Mumbai, eksfoliasi dua kali seminggu sangat disarankan untuk mencegah jerawat dan komedo yang mungkin muncul karena masker.

"Pembersih wajah AHA dan BHA membersihkan pori-pori Anda secara mendalam dan akan membantu mencegah jerawat yang disebabkan oleh penyumbatan," tuturnya.

Dokter Shweta juga mengatakan, mengenakan tabir surya untuk mencegah penyamakan menjadi semakin penting sekarang. Sama seperti bagaimana bagian tubuh kita yang lain. Ketika tertutup tidak rata, kulit akan menunjukkan perbedaan warna.

"Jika tidak memakai tabir surya, kulit wajah akan terlihat belang. Pada bagian atas wajah yang tidak tertutup masker, kulit akan menjadi lebih gelap dibanding yang tertutup dengan masker. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan tabir surya minimal SPF 30," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini