Penampakan Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah saat Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 612 2261741 penampakan-kegiatan-belajar-mengajar-di-sekolah-di-tengah-pandemi-covid-19-stHK0dGNw2.jpg Sekolah di tengah pandemi (Foto: Clinton News Record)

Thailand sudah mengizinkan sekolah untuk kembali dibuka selama pandemi virus corona Covid-19. Meski demikian, para siswa yang kembali ke sekolah harus melewati protokol kesehatan yang ketat untuk mengindari risiko penularan Covid-19.

Sebelum sekolah diizinkan kembali di buka pada Juli 2020, Otoritas Thailand merekomendasikan tindakan pencegahan Covid-19 termasuk sanitasi kelas yang harus sering dilakukan, jarak sosial dan populasi siswa yang lebih kecil antara 20-25 orang siswa, serta penggunaan face shield untuk setiap anak.

 sekolah di tengah pandemi

Sebagaimana dilansir Next Shark, Kamis (13/8/2020), belum lama ini beredar sejumlah foto yang memperlihatkan aktivitas belajar mengajar yang dilakukan di Wat Khlong Toey School di Bangkok. Dalam foto tersebut terlihat setiap siswa dengan patuh menggunakan face shield di wajah mereka.

Adapun peraturan yang wajib dilakukan tiap siswa beberapa diantaranya adalah mengenakan masker wajah yang disediakan oleh guru pada setiap kelas, pihak sekolah juga akan melakukan pemeriksaan suhu rutin menggunakan sistem yang mengirimkan pesan kepada orangtua melalui pemindai pengenalan wajah.

Dari segi sanitasi, sekolah juga selalu membersihkan sejumlah area yang berisiko menularkan penyakit seperti gagang pintu, dan meja. Setiap meja dan tempat duduk siswa juga selalu diberikan sekat dan diberikan jarak yang berjauhan satu sama lain untuk menghindari penularan.

Untuk siswa taman kanak-kanak, anak-anak dapat hadir di kelas menggunakan bilik tembus pandang yang dirancang secara khusus. Tujuannya supaya mereka dapat bermain dan belajar secara individual dengan aman tanpa takut terinfeksi penyakit.

Baca juga: 4 Gaya Manja Celine Evangelista Ngasuh Anak, Buat Papa Muda Makin Pusing

Beberapa sekolah seperti Sam Khok menerapkan beberapa tindakan pencegahan ekstra dengan menyuruh hampir 5 ribu siswanya melakukan karantina mandiri di rumah selama 15 hari sebelum sekolah dibuka kembali.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini