Sidang Rapat MPR DPR 2020, Nih yang Buat Presiden Jokowi Kepincut Baju Adat Sabu NTT

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 194 2262064 sidang-rapat-mpr-dpr-2020-nih-yang-buat-presiden-jokowi-kepincut-baju-adat-sabu-ntt-MNwjauwIBU.jpg Presiden Jokowi. (Foto: DPR RI)

Sidang Tahunan MPR DPR 2020 diselenggarakan pada hari ini, Jumat (14/8/2020). Dalam acara tersebut, hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Namun, ada yang unik pada acara sidang tersebut. Karenanya, Presiden Jokowi mengenakan pakaian yang berbeda dari peserta lainnya. Ya, nampaknya ia mengenakan baju adat dari salah satu daerah di Indonesia.

Setelah ditelusuri, ternyata Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat asal Nusa Tenggara Timur (NTT) biasa disebut sebagai baju Sabu. Pulau Sabu yang merupakan pulau terdepan di bagian ujung selatan Indonesia.

jokowi

Baca Juga: Pakai Baju Adat Sabu NTT di Sidang Tahunan MPR/DPR 2020, Gagahnya Pak Presiden Joko Widodo

Tujuan pak presiden mengenakan baju adat pada sidang MPR DPR tahunan kali ini adalah untuk mengajak masyarakat mengenal dan mencintai budaya Indonesia.

“Dengan mengenakan pakaian adat ini, Presiden Joko Widodo hendak mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk Indonesia yang dikenal kaya akan seni kriya, tenun, serta kebudayaan Nusantara,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dilansir Okezone dari situs resmi Presiden RI, Jumat (14/8/2020).

Baju adat Sabu memiliki warna dasar hitam yang dilengkapi dengan motif berwarna emas nan indah. Tidak hanya itu, headpiece atau aksesori kepala pun dia kenakan untuk memaksimalkan tampilannya.

Aksesori kepala yang dikenakannya itu disebut sebagai lehu ketu. Ikat kepala ini berupa mahkota dengan tiga tiang yang terbuat dari emas.

 jokowi

Adapun aksesori lainnya berupa kalung disebut mutisalak, kalung habas, sepasang gelang emas, dan sabuk yang memiliki saku.

Sementara itu, pada perempuan baju adat suku Sabu ini berupa kebaya dan juga dikombinasikan dengan sarung tenun yang membalut di sekeliling kebaya. Pada bagian pinggang wanita suku Sabu juga dilengkapi dengan sabuk berupa pending atau ikat pinggang.

Di sisi lain, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, Presiden Jokowi beserta para peserta sidang lainnya tetap mengenakan masker. Karena saat ini sedang mengenakan pakaian adat yang didominasi warna hitam, maka masker Presiden Jokowi juga hitam. Keren ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini