Busana Adat Suku Sabu Presiden Jokowi Ditenun Ibu-Ibu NTT, Bukan Mesin!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 194 2262233 busana-adat-suku-sabu-presiden-jokowi-ditenun-ibu-ibu-ntt-bukan-mesin-4Q1yHc5WiK.jpg Presiden Jokowi pakai baju Adat NTT (Foto : @indonesia.pusaka/Instagram)

Secara mengejutkan Presiden Joko Widodo tampil beda sendiri di Sidang Tahunan MPR/DPR RI 2020. Jika para pria mengenakan tampilan jas dan celana formal, Jokowi mengenakan busana adat.

Ya, seperti momen penting sebelumnya, Presiden Jokowi kini memilih busana adat Suku Sabu, NTT. Busana adata itu menonjolkan keindahan kain tenun dan motifnya yang berwarna emas. Tidak hanya itu, aksesori berupa kalung dan ikat pinggang emas pun memperindah busana adat dari NTT ini.

Presiden Jokowi

Baca Juga : Baca Juga : Mulan Jameela Cuma Pakai Gamis di Sidang Tahunan MPR/DPR 2020, Enggak Seheboh KD!

Saat mengenakan busana adat Suku Sabu ini, Jokowi terlihat tetap mengenakan masker hitam. Itu dia lakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban dirinya dalam disiplin menjalankan protokol kesehatan. Karena maskernya hitam, jadi tetap 'matching' dengan busana adat dia yang berbahan dasar kain hitam.

Akun Instagram @indonesia.pusaka membagikan foto Jokowi dengan busana keren tersebut. Di situ terlihat Jokowi tengah berdiri tegak di depan bendera merah putih yang berjejer. Wajahnya tampak serius di balik masker hitamnya.

Komentar positif dari netizen pun membanjiri foto ini. Kebanyakan dari netizen mengaku bangga menjadi orang NTT, yang lainnya ikut bangga dengan kebiasaan Jokowi yang suka pakai busana adat.

"Beta bangga Indonesia. Beta bangga, beta NTT!" kata @genyratuma**8.

"Gagahnya presidenku. Baju adat Indonesia oke oke, ya. Kenapa enggak dari dulu para pejabat memakainya," tulis @evalind**.

Presiden Jokowi

"Terima kasih pakde telah memperkenalkan baju-baju daerah yang indah. Semoga Tuhan memberikan kelancaran pada pakde untuk membangun dan memajukan negara ini dan dapat mengatasi kendala-kendalanya. Amin," komen @syulias****.

"Keren pakaian adatnya. Bangga Indonesia ragam suku dan budaya," ungkap @heruharu**.

Selain itu, ada juga netizen yang memberitahu bahwa busana adat yang dikenakan Presiden Jokowi itu adalah hasil tangan ibu-ibu di NTT. Jadi, bisa dibilang busana adat yang dikenakan Jokowi itu sangat istimewa.

"Bangga jadi orang NTT. Pakaian yang digunakan pak Jokowi itu hasil dari tenunan ibu-ibu di Pulau Sabu NTT. Kain-kainnya itu tidak ada sentuhan mesin, apalagi pabrikan," papar @simonet**. Netizen lain menimpali, "Wah, bagus banget baju hasil tenunnya," sambung @wahyunita****.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini