5 Makanan yang Tanpa Kamu Sadari Bikin Berat Badan Naik

Jum'at 14 Agustus 2020 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 298 2262121 5-makanan-yang-tanpa-kamu-sadari-bikin-berat-badan-naik-3dU2Yf0RpJ.jpg Saus tomat (Foto: From The Grapevine)

Kita seringkali merasa tiba-tiba berat badan naik. Padahal rasanya kita tak banyak mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung lemak.

Nah, ternyata bukan hanya makanan yang banyak mengandung lemak yang bikin gendut. Makanan yang penuh gula pun bisa membuat tubuh membengkak.

Gula merupakan komponen makanan yang penting. Banyak makanan mengandung karbohidrat, yang mungkin mengandung gula atau tidak. Namun, tambahan gula adalah penyebab yang jelas dalam hal penambahan berat badan.

Dilansir dari Times Now News, berikut lima sumber gula dalam makanan yang mungkin tidak Anda sadari dan menjadi penyebab kenaikan berat badan yang tak diinginkan.

 jus buah

1. Jus Buah

Jus buah yang dibeli di toko, dikemas, serta diawetkan jelas bukan ekstrak buah asli. Melainkan hanya rasa buah dengan banyak gula tambahan. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, hindari jus dan makanlah buah utuh sebagai ganti. Meskipun Anda memilih jus karena beberapa alasan, pastikan jus tersebut baru diperas dan tidak dibeli di toko.

2. Susu

Seperti dilansir dari Sindo News, Susu mengandung gula alami berupa laktosa. Meski masih menjadi sumber gula alami dan tidak membahayakan tubuh, penting untuk mengetahui sumber gula dalam menu makanan agar rutin memeriksanya. Susu kental manis jelas itu hanya mengandung banyak gula dan sedikit susu.

3. Kerupuk

Banyak orang mengonsumsi kerupuk sebagai sumber serat dan untuk pola makan yang sehat. Namun, yang tidak disadari orang adalah, kerupuk juga bisa menjadi sumber tambahan gula. Dalam 100 gram kerupuk bisa mengandung sekitar 7-9 gram gula.

4. Saus tomat

Jika kamu salah satu orang yang suka sarapan dengan menu sehat seperti oats cheela atau telur dadar dengan sosis dan saus tomat. Kemudian kamu bertanya-tanya mengapa berat badan bertambah, maka periksa apa yang kamu makan. Saus tomat yang menambahkan rasa pada makanan Anda, dapat mengandung hingga 22 gram gula per 100 gram produk.

Baca juga: Mau Ikut Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka? Nih Cara Daftarnya

5. Yogurt buah

Berbagai merek dan perusahaan menjual yogurt buah atau yogurt berasa, dan kamu telah membelinya untuk makanan ringan siang atau malam. Namun, 100 gram yogurt dapat mengandung hingga 14 gram gula tambahan yang bisa menyebabkan penambahan berat badan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini