Waspadai Efek Samping Makan Pepaya, Bisa Sebabkan Bayi Cacat Lahir Loh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 01:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 298 2262361 waspadai-efek-samping-makan-pepaya-bisa-sebabkan-bayi-cacat-lahir-loh-PqVwC0z35u.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUAH-BUAHAN memang memliki banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun dari segi kecantikan. Sebut pepaya yang memiliki khasiat antibakteri dan antijamur.

Bahkan, jus daun pepaya dianggap ampuh untuk melawan demam berdarah dan meningkatkan jumlah trombosit. Tapi, ternyata pepaya juga memiliki efek samping loh.

Melansir Times of India, jika Anda mengonsumsi pada saat yang tidak tepat, malah bisa menimbulkan efek yang berbahaya loh. Pasalnya, daun pepaya memiliki komponen yang disebut papain, yang bisa menjadi racun bagi bayi Anda jika Anda sedang hamil. Bahkan dapat menyebabkan cacat lahir.

Pepaya

Tidak banyak yang diketahui tentang efek samping pepaya selama menyusui, oleh karena itu, sebaiknya hindari pepaya selama dan setelah kehamilan untuk beberapa waktu.

Selain itu, pepaya yang masih mentah dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jadi, untuk mengurangi risiko alergi, lebih baik konsumsi pepaya yang sudah masak dan layak untuk di konsumsi.

Baca Selengkapnya: Awas! Makan Pepaya di Waktu Tak Tepat Bisa Bahaya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini