Selain Zaitun, Ini 5 Jenis Minyak Sehat untuk Memasak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 298 2262438 selain-zaitun-ini-5-jenis-minyak-sehat-untuk-memasak-ldEcoEpa9M.jpg Minyak dedak padi sehat untuk memasak (Foto : NDTV)

Raja minyak yang tak terbantahkan pastinya adalah minyak zaitun. Ahli gizi mengatakan bahwa bahkan minyak zaitun memiliki banyak manfaat. Maka tak heran jika minyak ini sudah digunakan sejak berabad-abad lalu.

Namun, belakangan ini, ada jenis minyak lain yang diketahui memiliki manfaat. Melansir Times of India, berikut 5 jenis minyak sehat yang bisa Anda gunakan untuk memasak.

Minyak kelapa

Minyak Kelapa

Selain dikenal bermanfaat untuk kecantikan, minyak kelapa juga merupakan minyak sehat yang bisa digunakan untuk memasak. Ini dianggap sebagai salah satu minyak paling serbaguna yang telah digunakan untuk keperluan memasak maupun pengobatan.

Minyak kelapa dapat meningkatkan laju metabolisme dan menekan nafsu makan. Ini memiliki umur simpan yang lama dan telah ditemukan efektif dalam menyembuhkan penyakit jamur seperti kaki atlet, herpes, infeksi tenggorokan, dan kurap. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh tinggi - 87 gram untuk setiap 100 gram minyak.

Baca Juga : Ulang Tahun, Kylie Jenner Tampil Tanpa Busana hingga Pamer Korset Kristal

Minyak wijen

Minyak Wijen

Minyak wijen kabarnya dianggap sebagai salah satu minyak paling populer yang digunakan di India sejak zaman kuno. Dibuat dengan menekan biji wijen panggang, minyak ini sebagian besar digunakan dalam masakan Asia.

Ahli Gizi Dokter Nupur Krishnan mengatakan, minyak wijen mengandung vitamin E, B6, magnesium, kalsium, tembaga, dan besi tingkat tinggi, ia memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Minyak ini dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol dan terutama bermanfaat bagi pasien diabetes.

Minyak biji rami

Minyak Biji Rami

Minyak biji rami memiliki nilai gizi tinggi dan memiliki sejumlah besar asam lemak omega-3 untuk membantu pencernaan. Kualitas anti-inflamasinya membantu menyembuhkan kondisi rematik. Ini memiliki umur simpan rendah dan tidak dapat digunakan dalam memasak suhu tinggi.

Minyak biji anggur

Minyak Biji Anggut

Minyak biji anggur terasa bersih, ringan, pedas, dan berbuah. Ini digunakan untuk memberikan rasa halus untuk berbagai jenis makanan. Vitamin E dan asam lemak omega-6 dalam minyak biji anggur memiliki antioksidan alami, serta meningkatkan kolesterol baik.

Tapi itu juga bisa menyebabkan alergi pada orang yang alergi terhadap anggur. Ini memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi dan digunakan untuk membuat roti, sebagai bahan dalam dressing salad dan mayones.

Minyak dedak padi

Minyak Dedak Padi

Minyak dedak mengandung asam lipoat yang dapat menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi kerusakan tubuh akibat kelebihan gula. Ini juga mengandung nutracenticals unik yang dikenal untuk menjaga keseimbangan kolesterol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini