Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung Berlangsung, Apa Sih yang Bakal Dialami Relawan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 481 2262126 uji-klinis-vaksin-covid-19-di-bandung-berlangsung-apa-sih-yang-bakal-dialami-relawan-znLFCZ0WPb.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH terus berupaya untuk menemukan jalan keluar untuk menghentikan virus corona Covid-19. Salah satunya dengan melakukan uji klinis vaksin Sinovac di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat.

Nah, calon vaksin Covid-19 yang diuji coba di RSP Unpad ini dimulai Selasa 11 Agustus 2020. Vaksin Covid-19 ini merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan Bio Farma dengan perusahaan asal China, yakni Sinovac.

Baca Juga: Pakai Baju Adat Sabu NTT di Sidang Tahunan MPR/DPR 2020, Gagahnya Pak Presiden Joko Widodo

 vaksin

Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 FK Unpad, Rodman Tarigan mengatakan, uji klinis yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui efikasi atau kemampuan vaksin untuk memberi manfaat bagi individu yang diimunisasi. Rodman pun memberikan update terkini mengenai jumlah calon subjek yang telah mengikuti uji klinis vaksin Sinovac yang digelar di Bandung, Jawa Barat.

“Per Jumat 14 Agustus 2020, jumlah calon subjek sebanyak 1.548,” terang Rodman, saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Jumat (14/8/2020).

 

Terkait dengan efek samping yang ditimbulkan pasca-vaksinasi, Rodman mengatakan bahwa seseorang bisa saja mengalami bengkak, kemerahan dan nyeri bekas suntikan. Bisa demam namun dalam 24-48 jam bisa hilang.

Namun ketika dikonfirmasi mengenai jumlah subjek yang mengalami gejala terburuk pasca-vaksinasi serta efeknya terhadap para penderita penyakit penyerta (Komorbid), Rodman mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

“Reaksi itu lah yang sedang kami pantau. Saya pikir, untuk bisa mendapatkan informasi yang benar, kami harus melakukan follow-up sampai enam bulan ke depan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini