Susah Tidur? Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 481 2262455 susah-tidur-kenali-penyebab-insomnia-dan-cara-mengatasinya-1zp5s1s7Kp.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Sering tidak tidur hingga larut malam hingga ? Tanpa disadari, mungkin Anda mengalami gangguan tidur yang disebut insomnia.

Insomnia merupakan gangguan tidur yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, faktor paling besar adalah gaya hidup dan lingkungan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut Okezone rangkumkan ulasan penyebab insomnia dan cara mengatasinya yang dilansir dari Step To Health :

Insomnia

- Masalah emosional: Pikiran dan kecemasan depresi sering dapat menyebabkan insomnia dan masalah tidur.

- Pola makan yang buruk: Kebiasaan tidak sehat seperti merokok atau terlalu banyak minuman bersoda atau minuman berkafein dapat menghentikan Anda untuk tidur.

- Terlalu banyak bekerja: Bekerja sepanjang hari biasanya bisa memicu stres. Jika Anda memiliki hari kerja yang panjang dan Anda membawa pulang pekerjaan Anda, ini dapat membuat Anda tidak tidur nyenyak.

- Masalah sosial: Jika Anda berkonflik dengan seseorang ini juga dapat menyebabkan insomnia.

Baca Juga : Ulang Tahun, Kylie Jenner Tampil Tanpa Busana hingga Pamer Korset Kristal

Jika Anda mau mengatasi masalah insomnia, sangat penting untuk menghindari penyebab insomnia di atas. Selain itu, cobalah beberapa tips berikut untuk membantu Anda mengatasi insomnia :

Jangan lewatkan makan malam

Makan Malam

Salah satu penyebab insomnia bisa menjadi masalah perut. Jadi sangat penting untuk Anda tidak melewatkan makan malam. Namun, cobalah makan sesuatu yang sehat karena makanan yang mengandung banyak lemak dapat menyebabkan masalah lain.

Mengontrol Kebiasaan Anda

Anda harus bisa mengurangi minuman bersoda atau berkafein karena kafein merangsang sistem saraf yang dapat membuat Anda merasa lebih gugup dan gelisah. Sebaiknya hindari ini jika ingin mendapati tidur yang nyenyak.

Pada saat yang sama, jika Anda seorang perokok, Anda perlu menyadari bahwa ini juga memengaruhi tidur. Perbaiki kebiasaan Anda jika ingin mengatasi insomnia. Semua aspek kesehatan terhubung, yang berarti perubahan dalam satu aspek kebiasaan Anda dapat memberi Anda manfaat di aspek lain.

Rileks!

Matikan TV

Cobalah untuk tetap tenang dan buat batasan untuk diri sendiri. Tinggalkan pekerjaan di kantor, tinggalkan masalah di luar kamar tidur, dan lupakan apa pun yang bisa mengganggu ketenangan Anda.

Salah satu cara bagus adalah menyingkirkan gangguan apa pun sebelum beranjak tidur. Matikan semua media virtual seperti handphone atau televisi, dengan begitu akan tercipta kedamaian dan ketenangan di kamar tidur Anda sehingga mendapati tidur yang nyenyak.

Jika Anda menderita insomnia untuk jangka waktu yang panjang, Anda harus pergi dan menemui dokter spesialis. Jangan biarkan itu mengganggumu.

Cobalah Bermeditasi Sebelum Tidur

Meditasi

Meditasi bisa menjadi kegiatan yang baik dilakukan sebelum tidur karena dengan bermeditasi dapat membantu mengontrol emosi dan membantu mengelola pikiran Anda. Teknik relaksasi dan meditasi ini akan membantu Anda rileks dan lebih mudah tertidur.

Ini tidak hanya membantu mengalahkan insomnia, tetapi juga dapat membantu mengatasi kecemasan, depresi, dan meningkatkan semua aspek kehidupan sehari-hari Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini