Ini Cara Bercukur bagi Pria Berjerawat dengan Aman

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 611 2262362 ini-cara-bercukur-bagi-pria-berjerawat-dengan-aman-L3sPtrng2N.jpg Mencukur (Foto: Healthsite)

Jerawat sangatlah mengganggu bagi pria, apalagi berada di area pipi dan dagu tempat tumbuhnya rambut halus, kumis dan jenggot. Pria berpikir mencukur rambut halus di wajah dapat membuat jerawat semakin parah. Sebenarnya tidak, jika Anda tahu cara yang benar.

Jerawat sangat mudah berkembang apabila tidak merawat kulit wajah dengan benar. Bercukur pada saat berjerawat bisa saja dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk jerawat. Namun jika dibiarkan, rambut halus pada wajah dapat menjadi sarang kuman bagi jerawat.

Nah, Anda perlu mengetahui trik bercukur agar tidak memperburuk jerawat Anda. Dilansir dari Boldsky, begini caranya.

 mencukur

 1. Membersihkan wajah dengan air hangat

Proses mencukur harus selalu diawali dengan mencuci muka dengan air hangat. Air panas dan lembab membuka pori-pori kulit dan melembutkan janggut Anda. Gunakan pembersih wajah yang lembut, lebih disukai antibakteri, untuk membasuh wajah.

2. Oleskan krim cukur hydrating

Untuk melembutkan cukuran silet, penting bagi Anda untuk membuat penghalang antara kulit Anda dan silet. Ada banyak sekali krim cukur yang tersedia di pasaran, tetapi untuk kulit yang rentan berjerawat, Anda memerlukan krim cukur nonkomedogenik. Krim cukur nonkomedogenik adalah krim yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Untuk membuatnya lebih efektif, biarkan krim cukur menempel di kulit Anda selama beberapa detik sebelum mencabut pisau cukur.

3. Mulai bercukur di area bebas jerawat

Sekarang setelah Anda siap bercukur, mulailah mencukur dengan sapuan kecil dan lembut. Mulailah dengan area yang bebas jerawat. Biarkan pisau cukur menyentuh kulit Anda dengan lembut dan jerawat Anda aman.

4. Rendam alat cukur dengan air panas

Saat Anda bercukur, pisau cukur Anda mengumpulkan banyak bakteri. Untuk mencegah penyebaran bakteri dan menjaga kebersihan kulit, penting bahwa alat yang Anda gunakan, alias pisau cukur, dicuci secara berkala. Setelah Anda selesai mencukur sebagian kulit Anda, pastikan Anda membasuh pisau cukur di bawah air panas, kibaskan, dan lanjutkan.

5. Cukur area jerawat

Setelah mencukur seluruh area di sekitar jerawat, sekarang saatnya mengatasi bagian jerawat. Bersihkan pisau cukur Anda dan usapkan dengan lembut ke area yang berjerawat. Cukur jarak yang sangat pendek dan ringan tanpa mengiritasi kulit. Setelah Anda selesai dengan prosesnya, basuh wajah Anda dengan air dingin dan keringkan.

 Baca juga: Mau Ikut Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka? Nih Cara Daftarnya

6. Lakukan rutinitas setelah bercukur

Setelah proses pencukuran yang berat, kulit Anda terasa sangat kering. Kekeringan bukanlah hal yang baik, apalagi jika Anda berjerawat. Jadi, oleskan after shave pada kulit setelah Anda selesai. Setelah bercukur menambahkan kelembapan dibutuhkan oleh kulit Anda. Ini membantu meredakan peradangan dan iritasi yang disebabkan oleh pencukuran.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini