5 Ciri-Ciri Introvert, Enggak Cuma Suka Menyendiri Loh

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 612 2262706 5-ciri-ciri-introvert-enggak-cuma-suka-menyendiri-loh-R6BmdsxQbL.jpg Ilustrasi. (Freepik)

APAKAH kamu seorang introvert atau ekstrovert? Kamu tidak sendiri jika bingung untuk mendeskripsikan diri kamu sendiri.

Jika ciri-ciri introvert biasanya dikenal sebagai sosok orang yang suka menyendiri dan pemalu, ekstrovert digambarkan sebagai orang yang ramai dan suka bergaul.

Namun, apakah orang dengan dua karakter ini memang benar- benar seperti itu ya? Biar tahu lebih lanjut ada lima ciri-ciri introvert yang harus tahu. Berikut ulasannya, dilansir Okezone dari Verywellmind.

Baca Juga: Pakai Baju Pinky, Aura Cantik Amanda Manopo Terpancar Sejagat Raya

1. Lelah di keramaian

lelah

Salah satu ciri introvert adalah introvert mengeluarkan energy saat berada di situasi sosial. Berbeda dengan ekstrovert yang menjadi berenergi saat berinteraksi dengan orang lain. Bukan berarti introvert tidak suka menghabiskan waktu dengan orang lain, tetapi mereka suka menghabiskan waku berkualitas bersama teman-teman dekatnya.

2. Menikmati kesendirian

Bukan berarti seorang introvert selalu ingin sendiri, mereka hanya suka menghabiskan beberapa jam sendiri. Mereka juga suka menghabiskan waktu bersama teman-teman dekatnya, tetapi mereka terkadang butuh waktu untuk mundur sejenak dan berpikir. Saat sendiri, mereka senang enghabiskan waktu dengan menonton televisi dan membaca buku.

3. Lingkungan pertemanan yang kecil

 

Salah satu miskonsepsi mengenai introvert adalah mereka tidak menyukai orang lain. Mereka suka bersosialisasi, tetapi mereka cenderung menikmati pertemanan kecilnya. Daripada memiliki banyak teman yang hanya sekadar tahu, mereka memiliki memiliki sedikit teman dekat dengan hubungan yang dalam dan tahan lama.


4. Sering disebut pendiam

Introvert seringkali dianggap pendiam dan pemalu. Namun, mereka hanya cenderung suka memilih kata-kata dan tidak membuang waktu dan energi untuk obrolan yang tidak perlu.

5. Suka belajar dengan menonton

Dibandingkan ekstrovert yang suka belajar dengan terjun langsung ke lapangan, introvert suka belajar dengan melihat atau observasi. Ia suka melihat orang lain melakukan tugasnya sampai akhirnya mereka praktikan sendiri. Bila ingin belajar dari pengalaman pribadi, mereka suka berlatih di tempat pribadi tanpa ada penonton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini