3 Trik agar Sisa Potongan Apel Tak Cepat Berubah Coklat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 298 2263185 3-trik-agar-sisa-potongan-apel-tak-cepat-berubah-coklat-awt0leM0o2.jpg Ilustrasi. (Foto: Insider)

PUNYA sisa potongan apel yang belum dimakan? Kalau didiamkan beberapa menit pasti warnanya akan berubah kecoklatan.

Makanya, Anda harus tahu trik menyimpan sisa potongan apel agar tak cepat berubah kecoklatan. Tapi bagaimana caranya?

Dilansir dari ThisisInsider, Anda bisa menjaga kesegaran apel agar tak cepat berubah kecoklatan. Caranya cukup simpel loh, Okezoners. Penasaran? Simak yuk ulasan!

Rendam air garam

Apel

Pertama, potong-potong buah apel, kemudian rendam dalam air yang sudah diberi garam. Agar apel tetap segar, gunakan takaran ½ sendok teh garam pada semangkuk air dingin.

Rendam apel selama 5 sampai 10 menit kemudian tiriskan. Setelah itu simpan potongan apel pada wadah kedap udara atau plastik tertutup sampai saat akan digunakan.

Air garam akan menjaga permukaan daging apel dari proses pencoklatan. Sebelum digunakan, bilaslah apel dengan air matang. Karena sisa garam yang masih melekat akan membuat rasa apel menjadi agak asin.

Pakai air madu

Jika merendam dengan air garam terasa kurang efektif, masih ada cara lainnya. Gunakan madu sebagai bahan utama untuk menghentikan proses oksidasi. Caranya adalah melarutkan ½ sendok teh madu dengan segelas air. Rendam irisan apel dalam air ini selama 5 menit. Tiriskan, lalu simpan apel atau langsung sajikan.

Perasan lemon

 Lemon

Manfaatkan air perasan jeruk lemon. Siapkan potongan apel dalam wadah, lalu beri percikkan air lemon. Untuk hasil maksimal, diamkan selama 5 menit dan cara ini bisa membuat apel tetap segar dan berwarna putih selama 1 hingga 2 jam. Selamat mencoba!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini