Share

Mau Makan Nasi Tumpeng Merah Putih, Ini Cara Bikinnya

Vina Destya, Okezone · Senin 17 Agustus 2020 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 298 2263379 mau-makan-nasi-tumpeng-merah-putih-ini-cara-bikinnya-nsj6eE0Lmw.jpg Nasi tumpeng merah putih (Foto: Youtube)

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mungkin harus dilakukan dengan lebih sederhana. Jika sebelumnya ada acara-acara seperti festival atau perlombaan, kali ini banyak tempat yang harus mengurungkan niatnya karena pandemi Covid-19.

Tetapi, untuk merayakannya ternyata tidak harus berkumpul bersama-sama dan melakukan acara di luar lho. Okezoners juga bisa mengisi keseruannya hanya dengan membuat hidangan bertemakan kemerdekaan di rumah.

 dadar untuk telur suwir

Seperti hidangan khas Indonesia satu ini, nasi tumpeng. Kreasi tumpeng yang diunggah Domo Bramantyo dalam channel YouTube ini bisa ditiru, apalagi di hari libur dan sedang berkumpul bersama keluarga.

Atau, kreasi nasi tumpeng merah putih ini juga bisa dijadikan untuk lomba 17-an. Berikut Okezone rangkum bahan serta langkah-langkah pembuatannya. Yuk Okezoners, kita simak!

Bahan-bahan:

Pertama adalah menyiapkan bahan untuk nasi merah.

-300 gr beras yang sudah dibersihkan

-500 ml santan

-200 ml air

-Garam

-Daun salam

-Lengkuas

-Serai

-1 buah beet/bit

Baca juga: Cantiknya Indrian Puspita Rahmadhani, Gadis Aceh Pembawa Baki Bendera Pusaka 2020

Selanjutnya, bahan untuk nasi putih

-600 gr beras yang sudah dibersihkan

-500 ml santan

-Garam

-Daun salam

-Lengkuas

-Serai

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Langkah-langkah:

1. Hal pertama yang harus Okezoners lakukan adalah memasak nasi putih. Masukkan beras, daun salam, serai dan lengkuas ke dalam panci atau jika akan memasaknya menggunakan rice cooker, masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam panci rice cooker. Lalu tambahkan santan, garam secukupnya, aduk terlebih dahulu sebelum dimasak. Lalu masak nasi tersebut.

2. Selanjutnya membuat nasi merah. Langkah yang dilakukan hampir serupa dengan pembuatan nasi merah. Masukkan beras, daun salam, serai, lengkuas, santan, dan garam. Yang membedakannya adalah tambahan air yang berasal dari buah beet.

3. Cara membuat cairan buah beet, buah beet dipotong menjadi dadu berukuran kecil, lalu haluskan menggunakan blender dengan tambahan sedikit air. sebelum dicampurkan dengan beras, saring terlebih dahulu agar bagian-bagian kasar tidak ikut terbawa. Aduk sampai rata dengan nasi dan bahan-bahan lainnya, lalu masak.

4. Setelah nasi merah dan putih matang, masukkan ke dalam cetakan secara bergantian. Pertama adalah nasi merah dibagian paling bawah dan nasi putih di bagian paling atas. Setelah disimpan dalam piring atau tempat tumpeng yang biasanya berbentuk bulan dan besar, nasi akan berbalik menjadi nasi merah di lapisan atas sedangkan nasi putih di lapisan bawah.

Nasi tumpeng biasanya juga dikelilingi oleh hidangan lainnya, kali ini Domo Bramantyo akan membuat hidangan tambahan berupa telur dadar, ayam goreng, orek tempe, dan mie goreng.

Setelah semua hidangan siap, tata menjadi bentuk yang rapi. Karena selain rasa yang harus diperhatikan, penampilan pun menjadi poin plus agar menambah nafsu makan. Bagaimana Okezoners, tertarik mencobanya?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini