Ingatlah, Pakai Masker yang Benar itu Jangan Longgar!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 481 2263252 ingatlah-pakai-masker-yang-benar-itu-jangan-longgar-s3yvCyeQNE.jpg Ilustrasi. (Freepik)

PAKAI masker di tempat umum menjadi kewajiban setiap orang sekarang. Bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri dalam upaya mencegah penularan virus, tetapi untuk keselamatan orang lain juga.

Pakai masker itu sama saja Anda melindungi diri sendiri dan orang lain. Tapi, penggunaan masker yang benar itu menjadi penting sekarang. Apakah Anda pernah lihat orang pakai masker tapi hidungnya tetap terlihat? Itu adalah contoh buruk dan pastinya jangan ditiru, ya.

Nah, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI belum lama ini mengingatkan masyarakat untuk tahu dan menerapkan cara pakai masker yang tepat. Ini penting supaya tujuan kita bersama yaitu menjaga diri dari paparan virus bisa terwujud.

Baca Juga: Pakai Baju Ketat, Genitnya Ekspresi Wika Salim

masker

Seperti apa cara pakai masker yang benar menurut Kemenkes? Yuk simak caranya yang benar!

Melalui unggahan Instagram, diterangkan di sana bahwa pakai masker yang betul itu harus menutupi hidung, mulut, hingga dagu. idak hanya itu, masker pun harus pas di wajah, tidak longgar. Kenapa ini penting?

Jika masker tidak menutupi mulut, hidung, hingga dagu, apalagi longgar, Anda hanya melakukan hal yang sia-sia saja. Sebab, fungsi masker mencegah masuknya virus bakteri tidak Anda jalankan dengan baik.

Jadi catatan penting juga bahwa Anda mesti mengganti masker jika sudah rusak, kotor, atau basah. Kalau sudah begini, masker tak lagi efektif melindungi Anda dari virus bakteri.

Nah, untuk melepas masker, ada cara tepatnya juga, lho. "Lepas kaitan masker dari telinga atau ikatan masker. Pastikan tidak memegang bagian depan masker," tulis di unggahan Kemenkes itu.

Nah, apakah Anda sudah pakai masker yang benar? Kalau belum, tidak ada salahnya memulai dari sekarang agar Anda dan keluarga benar-benar bisa membentengi diri dari paparan virus corona maupun bakteri penyebab penyakit lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini