Tak Cuma Konsultasi, Telemedicine Bisa Digunakan untuk Panggil Ambulans

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 481 2263454 tak-cuma-konsultasi-telemedicine-bisa-digunakan-untuk-panggil-ambulans-CKLj3sZraW.jpg Ilustrasi. (Freepik)

TELEMEDICINE digencarkan selama pandemi Covid-19. Karena pasien tidak bisa sembarangan ke rumah sakit untuk mencegah penularan Covid-19.

Apalagi rumah sakit diklaim sebagai sumber penularan virus dan hal ini harus diwaspadai masyarakat. Karenanya, telemedicine jadi solusi pasien jika ingin berobat ke doktr.

Baca Juga: Kharisma Presiden Jokowi Berbalut Busana Adat Timor Tengah Selatan NTT Penuh Makna

telemedicine

Hal ini diakui CEO RS Premier Jatinegara Dr Sri Wuryati Handayani. Kehadiran telemedicine memudahkan dokter dan pasien untuk berkomunikasi. Sekalipun dalam situasi darurat, pasien bisa memanfaatkan telemedicine.

"Tele emergency merupakan sarana komunikasi yang berfungsi sebagai jembatan bagi para dokter dan tenaga kesehatan dalam melayani pasien secara realtime," ungkapnya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, menurut Dr Sri, dokter tetap dapat memberi arahan bagi pasien yang membutuhkan. Terutama bila pasien mengalami situasi gawat dan darurat.

Ditambahkan dr Levina Avissa, telemedicine tak terbatas jarak dan waktu. Bahkan bukan sebagai solusi konsultasi, telemedicine bisa memudahkan pasien dalam hal penjemputan ambulance hingga pengantaran obat.

"Dengan teknologi seperti ini, pasien yang terkendala jarak dan waktu untuk mengakses layanan kesehatan tingkat lanjut di rumah sakit," tutup Dokter Levina yang juga menduduki jabatan operation manager rumah sakit tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini