5 Tanda Kamu Seorang Ambivert, Apa Saja?

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 196 2263839 5-tanda-kamu-seorang-ambivert-apa-saja-q2k1uxMya2.jpg Tanda kamu seorang ambivert (Foto: Pinterest)

Kepribadian kamu menentukan caramu untuk berinteraksi dan bereaksi terhadap dunia di sekitarmu. Kepribadian seseorang terbagi dalam beberapa golongan antara lain ekstrovert, ambivert, dan introvert.

Orang dengan kepribadian ekstrovert merupakan orang yang suka jalan-jalan, menghadiri acara sosial, dan terlibat dengan orang lain.

Sedangkan seorang introvert adalah orang yang senang menghabiskan waktu sendirian atau dengan satu atau dua orang yang mereka rasa dekat. Jika kamu tidak merasa cocok dengan dua kepribadian itu, mungkin kamu masuk golongan ambivert.

Ambivert adalah orang dengan perilaku yang ada di tengah-tengah ekstrovert dan introvert tergantung situasi. Seperti dilansir dari Healthline, berikut lima tanda apakah kamu termasuk orang ambivert. Simak ya!

 pertemanan

1. Pendengar dan komunikator yang baik

Anda pendengar dan komunikator yang baik. Sedangkan orang ekstrovert lebih banyak berbicara. Sementara orang introvert lebih suka mengamati dan mendengarkan. Tapi ambivert tahu kapan harus angkat bicara dan kapan harus mendengarkan.

2. Mudah menyesuaikan diri

Anda memiliki kemampuan untuk mengatur perilaku menyesuaikan agar sesuai dengan orang atau situasi. Contohnya kamu sedang naik lift dengan orang asing. Seorang ekstrovert mungkin mulai berbasa-basi, tetapi seorang introvert mungkin memasang earbud untuk menghindari interaksi. Kamu dapat memilih salah satu opsi, tergantung situasinya.

 Baca juga: Mau Menikmati Wisata Birdwatching, Kunjungilah Tambrauw Papua Barat

3. Nyaman dalam lingkungan sosial

Merasa nyaman dalam lingkungan sosial, tetapi juga menghargai waktu sendiri. Ambivert bisa berada di tengah keramaian dan menikmati malam yang tenang di rumah. Contohnya jika ada undangan makan malam mendadak, ekstrovert kemungkinan akan menerima dan introvert memilih diam di rumah. Sedangkan ambivert akan mempertimbangkan acara itu.

4. Punya rasa empati secara alami

Ambivert mampu mendengarkan dan menunjukkan bahwa mereka mengerti dan memahami orang lain. Dia punya empati yang tinggi. Jika seorang teman mengalami masalah, seorang ekstrovert mungkin langsung mencoba menawarkan solusi, dan seorang introvert mungkin hebat dalam mendengarkan. Seorang ambivert mungkin mendengarkan dan mengajukan pertanyaan yang bijaksana untuk mencoba dan membantu.

5. Mampu memberikan keseimbangan

Saat mengatur kelompok, ambivert dapat memberikan keseimbangan yang sangat dibutuhkan untuk dinamika sosial. Seorang ambivert mungkin menjadi orang yang membantu memecah keheningan yang canggung, membuat orang lain yang lebih tertutup merasa nyaman memulai percakapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini