3 Fakta Nasi Goreng, Makanan Indonesia yang Mendunia

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 298 2263916 3-fakta-nasi-goreng-makanan-indonesia-yang-mendunia-iTZM6WIk3U.jpg Ilustrasi. (Foto: Simplyscratch)

TAHUKAH Anda, bahwa nasi goreng makanan khas Nusantara telah dikenal di mancanegara. Nasi goreng telah populer di dunia seperti di Malaysia, Singapore, Brunei, Thailand dan masih banyak lagi.

Nasi goreng dengan telur mata sapi, daging, sayur dan bumbu, biasanya dibumbui dengan kecap manis. Rasanya yang khas aromatik, dan berasap, berkat kecap manis dan terasi bubuk yang melimpah sehingga rasanya lebih kuat dan lebih pedas. Tak heran nasi goreng selalu hadir dalam setiap menu restoran luar negeri.

Mumpung masih suasana memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, ada beberapa fakta nasi goreng yang bisa Anda simak. Ditulis Okezone, Selasa (18/8/2020), berikut ulasannya.

Baca Juga: 5 Koleksi Foto Cantik Hana Hanifah, Uh Body-nya bak Gitar Spanyol

Sejarah

 nasi goreng

Menggoreng nasi berawal dari tradisi budaya Tionghoa, nasi sisa hari kemarin yang sayang kalau dibuang maka digoreng kembali agar bisa dikonsumsi kembali. Namun berbeda di Indonesia, nasi goreng telah disajikan dengan unik dan lezat, sehingga nasi goreng telah menjadi khas Nusantara.

Penghargaan

Nasi goreng pernah mendapatkan penghargaan dalam ajang Internasional “World Expo Shanghai China 2010″ di Shanghai. Pada tahun 2011, sebuah jajak pendapat online oleh 35.000 orang yang diadakan oleh CNN International memilih nasi goreng Indonesia sebagai nomor dua dalam daftar '50 Makanan Paling Lezat di Dunia' setelah rendang.

Variasi

nasi goreng

Di luar negeri biasanya hanya menyajikan nasi goreng dengan telur mata sapi. Namun di Indonesia memiliki varisai nasi goreng yang berbeda-beda. Antara lain:

1. Nasi goreng dengan ayam, telur dan kerupuk udang

2. Nasi goreng dengan udang dan telur, sarapan khas Indonesia

3. Nasi goreng dengan ayam dan telur di Bali

4. Nasi goreng dengan ikan asin dan telur

5. Nasi goreng merah di Rantepao, Sulawesi Selatan

6. Kombo sate ayam nasi goreng , hidangan klasik Indonesia di antara orang asing

7. Nasi goreng gaya China di Jakarta

8. Nasi goreng gaya Hong Kong di Mataram, Lombok

9. Nasi goreng jamur di Yogyakarta

10. Nasi goreng seafood di Sandakan. Sabah, Malaysia Timur

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini