Restoran Ini Minta Pelanggan Timbang Berat Badan Sebelum Makan, Lho Kenapa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 298 2264063 restoran-ini-minta-pelanggan-timbang-berat-badan-sebelum-makan-lho-kenapa-yhgrB0AECV.jpg Timbang berat badan sebelum pesan makanan (Foto : Nextshark)

Salah satu restoran di Provinsi Hunan, China telah mengeluarkan permintaan maaf secara online karena meminta para pelanggannya menimbang berat badannya sebelum makan. Hal ini dilakukan untuk menentukan berapa banyak makanan yang harus mereka pesan.

Sekadar informasi Restiran Daginga Sapi Goreng Chuiyan yang terletak di Changsha, Provinsi Hunan menarik perhatian online setelah menghilkangkan timbangan di luar restorannya pada 13 Agustus 2020. Kabarnya timbangan-timbangan tersebut disertai dengan catatan yang menunjukkan jumlah pesanan makanan yang bisa dilakukan pelanggan tergantung pada berat badannya.

Contohnya pada wanita dengan berat di bawah 40 kilogram disarankan untuk memesan dua piring. Sementara pada pria dengan berat 70 sampai 80 kilogram dapat memesan makanan hingga tiga piring. Restoran memperkenalkan kebijakan baru tersebut setelah Presiden China, Xin Jinping meluncurkan kampanye nasional untuk mengatasi tingkat limbah makanan di China.

Pesan Makan

Sebagaimana dilansir Next Shark, Selasa (18/8/2020), postingan yang dibuat restiran tersebut telah menarik lebih dari 120 juta view di akun media sosial China, Weibo. Beberapa pengguna bereaksi negatif terhadap bagaimana bisnis menanggapi kampanye Xi tentang pengelolaan limbah makanan.

"Tujuan kami adalah untuk menganjurkan agar tidak membuang-buang makanan dan supaya orang memesan dengan cara yang sehat. Kami tidak pernah memaksa pelanggan untuk menimbang diri mereka sendiri. Kami sangat menyesal telah mengecewakan orang lain,” bunyi pernyataan restoran tersebut.

Baca Juga : Gaya Jessica Iskandar Pamer Bikini, Tak Kalah Menggoda dari Nia Ramadhani!

Presiden Daging Sapi Goreng Chuiyan, Tan Yan, pun membela keputusan tersebut menyusul kontroversi yang terjadi. Terkait dengan timbangan, ia pun mengatakan bahwa para pelanggan secara sukarela menimbang berat badan mereka.

“Banyak pelanggan wanita suka menimbang diri mereka sendiri, dan berat badan mereka dikirim ke ponsel mereka. Berat badan tidak ditampilkan di timbangan, sehingga tidak melanggar privasi mereka,” tuntas Tan Yan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini