Benarkah Minum Soda Kue Bantu Turunkan Berat Badan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 481 2264152 benarkah-minum-soda-kue-bantu-turunkan-berat-badan-wNrKSWVsKI.jpg Baking soda (Foto : Timesofindia)

Soda kue biasa digunakan untuk berbagai keperluan seperti pemutih gigi, obat kumur, mengobati sakit maag, membuat kue, biskuit dan sebagainya. Namun, ada pendapat lain dari manfaat yang terdapat pada soda kue, yakni penurunan berat badan.

Ya, bahan yang biasa ditemukan di dapur ini dipercaya sebagai obat ajaib untuk menurunkan berat badan. Beberapa menyarankan untuk mencampur soda kue dengan air, sementara yang lainnya mencampurkannya dengan cuka apel untuk mempercepat penurunan berat badan.

Tapi apakah bubuk putih itu benar-benar dapat membantu mengurangi berat badan? Melansir Times of India, belum ada bukti ilmiah yang kuat bahwa mengonsumsi soda kue dalam bentuk apapun dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Baking Soda

Sebaliknya, meminum soda kue memiliki efek alkali pada tubuh. Jika kita menerapkan ilmu dasar dalam hal ini maka baking soda sebenarnya adalah senyawa yang disebut Sodium Bicarbonate.

Baca Juga : Cantiknya Luna Maya Pakai Gaun Transparan, Bikin Netizen Mau Pingsan!

Air minum dan ramuan soda kue bereaksi dengan pembentukan asam lambung, garam, air, dan karbon dioksida. Ini hanya mengubah tingkat pH tubuh dan bermanfaat dalam meredakan gejala gangguan pencernaan dan mual.

Ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa mengubah tingkat pH tubuh bisa efektif dalam menurunkan berat badan.

Teori lain menunjukkan bahwa menambahkan soda kue di air mandi Anda dapat meningkatkan metabolisme dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh, yang dapat bermanfaat untuk tujuan penurunan berat badan Anda.

Soda Kue dengan Cuka Apel

Soda kue saja tidak memiliki kandungan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, mencampurkannya dengan cuka apel mungkin akan berdampak pada penurunan lingkar pinggang Anda.

Menambahkan bubuk putih dalam cuka sari apel mungkin bermanfaat dalam beberapa hal karena meningkatkan rasa kenyang, bukan karena soda kue.

Baking Soda

Aturan utama untuk menurunkan berat badan secara efektif adalah dengan menciptakan defisit kalori. Konsumsi lebih sedikit kalori dan bakar lebih banyak sepanjang hari dengan melakukan berbagai jenis aktivitas fisik.

Memang ada beberapa trik yang dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat prosesnya, tetapi baking soda bukan salah satunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini