Punya Kulit Kering, Kenali Perawatan ala Orang Korea

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 611 2264070 punya-kulit-kering-kenali-perawatan-ala-orang-korea-Vgj9BOWIJ2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang memang dikaruniai berbagai macam hal yang berbeda satu sama lain. Ada warna rambut, warna mata, hormon bahkan jenis kulit yang berbeda satu sama lain.

Kulit kita pun terdiri dari beberapa macam, dipengaruhi oleh jumlah air dan minyak yang dikandung oleh kulit serta tingkat sensitivitas. Kulit pun bisa berubah jenis seiring dengan waktu.

Pada kulit normal, ciri-cirinya adalah kelembapannya terjaga serta teksturnya lembut dan halus. Tapi, ada pula kulit kering yang memiliki ciri-ciri cenderung kasar, bersisik, dan pori-porinya terlihat.

kulit kering

Kulit kering dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari tingkat kelembapan yang kurang, terkena radiasi ultraviolet dari sinar matahari, efek obat-obatan, riwayat keluarga, hingga proses penuaan. Perawatan pada kulit kering tentunya berbeda dengan kulit normal.

Menurut beauty influencer, Heny Harun, merawat kulit kering harus dilakukan dari luar dan dalam. Kebetulan jenis kulit yang dimilikinya juga kulit kering. Dirinya mengatakan, perawatan yang dilakukan tujuannya untuk menghidrasi kulit.

"Perawatan dari dalam itu seperti minum air putih yang cukup, itu sudah pasti, menghindari gula. Kalau dari luar pakai skincare yang banyak hyaluronic acid-nya. Terus jangan lupa pakai lipbalm," tutur Heny kepada Okezone.

Dia pun menyarankan bagi pemilik kulit kering untuk memilih produk perawatan yang mengandung hyaluronic acid. Sebab, kandungan tersebut mengambil cairan dari udara. Bagaimanapun, kulit kering harus dijaga tingkat kelembapannya.

Selain memerhatikan kandungan pada produk perawatan kulit, waktu penggunaannya juga harus pas. "Nah hyaluronic acid itu mengunci kelembapan di kulit," terang Heny.

"Jadi habis mandi kulit kan masih basah oleh air sehingga lagi siap untuk menerima skin care, lebih reseptif, jangan tunggu sampai kering. Kalau orang Korea tuh ada yang namanya three second rule, jadi enggak pakai tunggu lama, tiga detik (habis mandi) langsung pakai skin care," jelas dia.

Dia pun mengungkapkan, sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit pada pagi dan malam hari setelah mandi. Usahakan jangan menunggu sampai air di kulit mengering.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini