Mengenal AHA dan BHA, Kandungan yang Banyak Ditemukan di Skincare K-beauty

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 611 2264084 mengenal-aha-dan-bha-kandungan-yang-banyak-ditemukan-di-skincare-k-beauty-JsyWVn1zMU.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PRODUK skincare atau perawatan kulit yang saat ini ditawarkan memiliki banyak ragam. Masing-masing pun mengaku memiliki keunggulan tersendiri.

Tapi, dari semua produk tersebut rata-rata produk memiliki kandungan AHA dan BHA. Keduanya disebutkan memberikan keajaiban pada kulit, melalui proses pengelupasan kulit.

Merek-merek skincare ternama pun tidak ketinggalan untuk menghadirkan produk dengan AHA dan BHA ini, termasuk beberapa merek K-beauty favorit Anda. Lantas, apa sih kandungan AHA dan BHA dan mengapa kita harus mulai menggunakannya. Tenang, mengutip Soompi, berikut ulasan singkatnya sebagai panduan.

Alpha Hydroxy Acid (AHA)
Skincare

Asam AHA umumnya disebutkan berasal dari zat alami seperti tebu, almond, dan bahkan anggur. Ada ikatan dalam AHA yang dapat menyatukan sel-sel kulit, termasuk kulit kusam dan mati yang muncul di permukaan.

AHA sendiri fungsinya bekerja untuk memecah atau melelehkan "lem" antara sel-sel kulit agar mendorong proses pelepasan kulit secara alami, yang mana proses ini mungkin tidak bisa benar-benar dilihat tetapi kita akan segera dapat melihat dan merasakan betapa halusnya kulit wajah.

Efek AHA sendiri dapat dirasakan pada lapisan atas kulit, yang berarti AHA ini ideal untuk masalah kulit di tingkat permukaan seperti tanda jerawat, pigmentasi, dan tekstur kulit yang tidak rata. Dengan penggunaan skincare dengan AHA jangka panjang, disebutkan bisa sebagai pencegahan timbulnya bintik-bintik noda pada wajah.

Selain itu, molekul yang membentuk AHA merupakan asam yang larut dalam air, membuatnya cocok untuk digunakan si pemilik kulit kering dengan meningkatkan kadar air. AHA juga baik untuk kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari dan juga bisa meremajakan kulit karena terjadinya penuaan kulit.

Beta Hydroxy Acid (BHA)
Skincare

Nah, jika AHA baik untuk si kulit kering, di sisi lain, BHA lebih baik digunakan bagi para pemilik jenis kulit yang lebih berminyak karena BHA ini adalah asam yang menyukai minyak. Sehingga menjadikan BHA secara efektif merawat komedo dan komedo, membuat kulit wajah jadi lebih bersih.

Namun jika merasa khawatir soal pemakaian BHA terhadap kulit sensitif, tenang! BHA disebutkan hadir dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang akan membantu menenangkan kemerahan pada kulit.

BHA ini dapat melewati pori-pori yang tersumbat dengan melarutkan sebum dan kulit mati yang sering menyebabkan bintik-bintik pada kulit. Jika AHA fokus pada pengelupasan lapisan permukaan kulit, beda dengan BHA yang menembus lebih dalam.

Kombinasi AHA dan BHA
Skincare

Tidak bisa memutuskan ingin menggunakan AHA atau BHA? Kenapa tidak mengkombinasikan keduanya? Sebab pada dasarnya, mengkombinasikan AHA dan BHA jadi satu solusi sekaligus untuk merawat kulit kering, kerusakan akibat sinar matahari, dan garis-garis halus, jerawat serta pori-pori yang tersumbat.

Untuk pilihan produk di pasaran, ada beberapa merek skincare Korea di luar sana yang memasukkan kandungan asam ini ke dalam formula produk. Namun sebagai catatan, dalam pemakaian AHA dan BHA ini jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya setelah mengaplikasikan produk skincare dengan AHA dan BHA ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini