Share

Berkat Cinta, Oscar Lawalata Berani Mengaku Transgender ke Keluarga

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 18 Agustus 2020 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 612 2264017 berkat-cinta-oscar-lawalata-berani-mengaku-transgender-ke-keluarga-pyCuTyIuuX.jpg Oscar Lawalata. (Foto: Instagram/@oscarlawalata)

PERANCANG busana Oscar Lawalata mengejutkan publik setelah pengakuan sebagai transgender menyebar di media sosial. Pernyataan tersebut disampaikan di Youtube The Lawalatas bertajuk 'UNTOLD STORY OSCAR LAWALATA - Merdeka Diri!'.

Dalam video tersebut, dengan gamblang Oscar menjelaskan kalau dirinya seorang transgender saat pertanyaan, 'Lalu, apa pilihan gender Oscar?' ditanyakan padanya.

"Saya transgender. Saya tahu sejak kecil kalau saya transgender. Setelah saya mempelajari kurang lebih 5 tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender," ucap Oscar Lawalata.

Baca Juga: 5 Koleksi Foto Cantik Hana Hanifah, Uh Body-nya bak Gitar Spanyol

Lantas, bagaimana Oscar kemudian berbicara pada mama, Reggy Lawalata, dan adiknya, Mario Lawalata?

oacar

Apa yang dilakukan Oscar ini bukan sesuatu yang mudah. Sebab, bagi diri seorang transgender, dia pun mesti paham dulu siapa dirinya hingga akhirnya bisa berbicara kepada keluarga.

Itu juga yang dilakukan Oscar Lawalata. Dia mesti tahu dulu siapa dirinya sebenarnya hingga akhirnya bisa menceritakan hal tersebut kepada sang ibu dan adiknya. Untuk bagaimana menyampaikannya, dia punya caranya sendiri.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ya, Oscar memilih cara berbicara melalui sudut pandang orang yang dia ajak bicara. Pada kasus pengakuan bahwa dirinya transgender ke Mario dan mamanya, dia punya teknik sendiri.

"Misalnya saya cerita ke Mario. Mario itu orangnya lebih cuek, lebih rileks. Ngobrolnya mungkin tahu nih kalau ngomong sama Iyo (Mario) begini aja nih caranya, karena Iyo orangnya begitu," tutur Oscar.

Tapi, beda lagi ketika Oscar harus mengaku bahwa dirinya transgender ke mamanya.

"Kalau sama mama, dia itu orangnya open minded, tapi ada konservatifnya, tapi ada kerasnya gitu. Nah, cara ngobrolnya gimana, ya? Jadi, kita yang mempunya spesial case ini, kita juga dituntut untuk lebih smart untuk berbicara sama orang, walaupun itu orangtua kita dan saudara kita," papar Oscar yang lebih prefer dipanggil 'Kak'.

Di sisi lain, Oscar pun menceritakan bahwa dirinya bisa kuat dan mau berkomunikasi dengan mamanya dan Mario berkat cinta yang mereka berikan. Hal ini yang dipegang dengan sangat kuat oleh Oscar hingga saat ini.

"Apa yang akhirnya membuat saya bisa kuat dan terus berkomunukasi dengan mereka? Karena saya melihat mereka cinta dengan saya. Itu saja yang saya pegang," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini