5 Tanda Kalau Pernikahanmu Tidak Bahagia, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 196 2264367 5-tanda-kalau-pernikahanmu-tidak-bahagia-apa-saja-nP7XrXLdGP.jpg Pernikahan tak bahagia (Foto: Medium)

Setiap pasangan tentu menginginkan pernikahan yang bahagia. Namun, sayangnya itu semua tidak mudah untuk diwujudkan. Banyaknya perbedaan dan masalah yang timbul seringkali membuat satu sama lain menjadi tidak bahagia.

Sebenarnya, ada tanda-tanda yang muncul ketika kamu dan pasanganmu tidak merasakan kebahagiaan dalam pernikahan. Tetapi seringkali kamu ataupun dia tidak menyadarinya. Untuk itu penting sekali mengetahui tanda-tanda tersebut agar kamu bisa lebih cepat untuk mengambil keputusan guna memperbaiki pernikahanmu jangan sampai hancur.

Melansir Times of India pada Rabu (19/8/2020), berikut 5 tanda kalau kamu tidak bahagia dalam pernikahanmu.

 tidak bahagia

1. Tidak ada seks

Dorongan seks yang dimiliki setiap orang memang berbeda. Namun semuanya akan baik-baik saja jika Anda berdua tahu cara memuaskan satu sama lain di tempat tidur. Tetapi jika frekuensi seks yang kamu lakukan menurun drastis dari biasanya, akan ada perasaan bahwa kemungkinan kamu merasa ditolak atau tidak diinginkan.

Kombinasi keintiman emosional dan fisik inilah yang membuat pernikahan menjadi romantis. Dan ketika kedua hal itu hilang, kamu merasa tidak bahagia.

2. Kamu membayangkan perceraian

Jika kamu membayangkan terjadi perceraian antara kamu dan pasanganmu, maka memang ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Membandingkan kehidupan pernikahan yang sebenarnya dengan kehidupan khayalan di mana kamu menjadi lajang kembali, bahkan menikah dengan orang lain, menunjukkan kamu tak bahagia menikah dengannya.

 Baca juga: 5 Ciri Orang yang Emotionally Unavailable, Tidak Cocok Dijadikan Pasangan

3. Merasa kesepian

Meski kamu dan pasanganmu duduk di satu sofa yang sama, kamu dan dia justru sibuk dengan urusan masing-masing tanpa mempedulikan keadaan satu sama lain. Jika ini terus terjadi, itu pertanda bahwa kalian berdua tidak memiliki landasan hubungan yang kokoh.

4. Tidak ada kesenangan yang tersisa

Pernikahan itu menyenangkan bagi dua orang yang tahu cara bersenang-senang bersama. Mereka terus melakukan hal-hal bersama dan untuk satu sama lain yang membuat pernikahan tetap menyenangkan.

Tetapi jika kamu dan pasangan terdapat banyak perbedaan sehingga seringkali debat ketika akan melakukan sesuatu, berarti hubunganmu berada dalam kondisi yang buruk. Tidak ada kesenangan yang tersisa dalam pernikahan dan kamu tidak lagi tahu bagaimana membuatnya tetap menyenangkan.

5. Tak lagi berdebat

Mengubah setiap percakapan menjadi pertengkaran atau malah tidak berselisih sama sekali, keduanya adalah tanda-tanda pernikahan yang tidak bahagia. Jika kamu dan pasangan sudah lelah bertengkar dan lebih memilih untuk acuh tak acuh satu sama lain, itu berarti hubungan kamu dan pasangan berada dalam titik tersulit untuk diperjuangkan.

Jika sudah memenuhi berbagai tanda-tanda tersebut, sebaiknya kalian berdua pergi ke konselor pernikahan atau psikolog untuk mencari bantuan guna memperbaiki pernikahan kalian, jangan sampai ambyar ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini