Lezatnya Tempe Makanan Favorit Orang Indonesia yang Mendunia

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 298 2264507 lezatnya-tempe-makanan-favorit-orang-indonesia-yang-mendunia-DiGvLCAl0g.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TEMPE masuk deretan makanan sehari-hari yang disukai masyarakat Indonesia. Di setiap rumah, tempe sering menjadi makanan yang tak pernah dilewatkan.

Tempe juga dapat dimasukkan pada berbagai olahan makanan. Seperti tumis sayur, nasi uduk, atau sambal tempe. Selain dapat diolah dalam berbagai macam olahan makanan, tempe juga kaya akan kandungan seperti protein, mineral, vitamin B dan B12, lemak, dan kandungan lain.

Tapi tahukah Anda bahwa tempe sudah mendunia? Dalam dekade terakhir, makanan berbahan dasar kacang kedelai sudah terkenal di beberapa belahan dunia.

Baca Juga: 4 Gaya Hana Hanifah Pakai Rok Mini, Awas Imanmu Goyah Guys

tempe

Jadi, tidak hanya orang Indonesia yang menikmati nikmatnya tempe. Saat ini tempe tidak hanya sebagai makanan pendamping nasi, tetap menjadi salah satu komponen makanan vegan yang elit.

Kisah orang Indonesia yang memperkenalkan tempe ke dunia international pun sudah muncul di berbagai media. Tidak hanya itu, orang-orang luar negeri pun banyak yang datang ke Indonesia untuk mencicipi enaknya tempe.

Ini pun seperti pengalaman Marianna Cerini, penulis dari The Economist, yang datang Yogyakarta pada beberapa bulan lalu. Ia pun bercerita tentang pengalamannya saat pertama kali mencoba tempe goreng pertama kali.

Selain itu kita tidak bisa lupa dengan kisah Rustono yang menjalankan bisnisnya Rusto’s Tempeh yang dapat bersaing dengan berbagai macam masakan Jepang. Ternyata, tempe yang di produksi pria asal Grobongan ini pun sudah terkenal di negara – negara di Benua Asia, Eropa dan Amerika.

Mendunianya tempe pun patut membuat kita bangga, terlebih lagi bila orang – orang di luar sana menyukainya. Mereka pun menyebut tempe sebagai majib food, alias makanan ajaib.

Austalia juga menjadi tempat tempe mendapatkan penggemar baru. Amita Bussink adalah warga local Australia yang jatuh cinta dengan tempe. Dari kecintaannya tersebut, Ia pun memproduksi tempe di Margaret River Tempeh. Dari keseriusannya menjalani bisnis tempe, tempe produksinya puun terasa sama persis dengan tempe Indonesia.

Dalam acara Wonderful Indonesia Gastronomy Forum 2018 pada 22-23 November 2018 di Aryadutta Hotel, Jakarta, Mantan Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menyampaikan apresiasinya.

"Tempe begitu digandrungi di tingkat dunia, ini menjadi peluang bagus mengangkat nasional brand sekaligus menarik wisatawan berkunjung ke Indonesia. Saya bangga sebagai bangsa tempe. Salam tempe! Salam Pesona Indonesia," sebutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini