Sering Sembelit, Coba Atasi dengan 4 Makanan Ini

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 298 2264521 sering-sembelit-coba-atasi-dengan-4-makanan-ini-TltzvPjulY.jpg Manfaat buah kiwi (Foto: Pixabay)

Sembelit alias sulit buang air besar membuat perut terasa begah dan tidak nyaman. Selain itu saat sembelit mau beraktivitas juga tak enak.

Sembelit bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti dehidrasi, pola makan yang buruk, obat-obatan, penyakit, penyakit yang mempengaruhi sistem saraf atau gangguan mental.

Berbagai pengobatan rumahan membantu mengatasi sembelit, seperti asupan makanan kaya serat, banyak minum air putih, olahraga teratur, yoga, meditasi untuk meredakan stres, dll.

Dilansir Okezone dari Boldsky berikut ini berbagai makanan yang bisa mengatasi sembelit. Simak ya!

 pisang

1. Pisang

Pisang kaya kalium dan elektrolit, yang membantu memulihkan kesehatan pencernaan yang baik. Buah ini efektif dalam mengobati masalah lambung karena membantu memulihkan fungsi usus dan mengobati diare. Makanlah pisang utuh, jika Anda kesulitan ke kamar mandi di pagi hari.

2. Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk memiliki banyak vitamin C dan serat pelunak feses. Jeruk juga mengandung naringenin, flavonoid yang dapat bekerja sebagai pencahar, yang memungkinkan kelancaran buang air besar

3. Raspberry

Buah raspberry dapat membantu meningkatkan dan melancarkan pencernaan. Sehingga buah ini bisa membantu mengatasi sembelit Anda.

 Baca juga: 5 Ciri Orang yang Emotionally Unavailable, Tidak Cocok Dijadikan Pasangan

4. Kiwi

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam kiwi menjadikannya buah yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar Anda. Selain itu, kiwi adalah obat pencahar yang sangat baik dan menyebabkan pembentukan feses yang lebih lembut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini