Jogging atau Lari, Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 481 2264648 jogging-atau-lari-mana-yang-lebih-cepat-turunkan-berat-badan-fx7QSNPm4x.jpg Ilustrasi. (Foto: Independent)

ANDA pasti sudah sering mendengar bahkan mempraktikkan bahwa cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan juga berolahraga. Namun, bagi Anda yang baru saja ingin memulai diet, mungkin Anda bingung olahraga apa yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Jika menurunkan berat badan adalah tujuan Anda, mungkin yang terbaik adalah melakukan beberapa latihan aerobik untuk mencapai berat yang Anda inginkan.

Lari dan jogging adalah dua jenis latihan aerobik. Kedua latihan ini membantu menurunkan berat badan, membangun tulang yang kuat, memperkuat otot, meningkatkan kesehatan jantung, dan manfaat kesehatan lainnya.

jogging

Jogging didefinisikan sebagai latihan berlari dengan kecepatan kurang dari 6 mil/10 km per jam. Bahkan ini bisa jadi sulit bagi mereka yang sudah biasa berlari.

Baca Juga: Tampilan Merah Membara Pamela Safitri, Posenya Bikin Gerah

Jogging adalah cara yang bagus untuk meningkatkan intensitas latihan Anda dari waktu ke waktu. Ini membantu membangun kekebalan, mengurangi peradangan, menangkal stres, mengatasi depresi, meningkatkan fleksibilitas, dan menurunkan berat badan.

Sedangkan berlari membutuhkan ritme yang stabil dengan langkah yang lebih panjang dan gerakan otot yang lebih cepat.

Anda pasti telah memperhatikan bahwa pelari memiliki paha dan betis yang sangat berotot. Ini karena keterlibatan otot yang dibutuhkan untuk menjaga kecepatan dan intensitas berlari.

Meskipun berlari dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat, hal itu lebih cenderung menyebabkan cedera dibandingkan dengan joging.

Jogging vs Lari

Melansir Pink Villa pada Rabu (19/8/2020), perbedaan utama antara lari dan jogging adalah intensitas. Berlari membutuhkan lebih banyak tenaga dari otot, jantung, dan paru-paru.

Jogging, di sisi lain, adalah latihan intensitas rendah di mana Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga seperti saat berlari.

Perbedaan utama antara lari dan jogging adalah intensitas. Berlari membutuhkan lebih banyak tenaga dari otot, jantung, dan paru-paru. Jogging, di sisi lain, adalah latihan intensitas rendah di mana Anda harus lebih sedikit berusaha dibandingkan dengan berlari.

lari

Jika Anda baru mulai berolahraga, jogging dalam waktu lama pun bisa menjadi sesuatu yang sulit bagi Anda. Anda mungkin ingin memulai dengan jogging agar detak jantung Anda tetap normal.

Selain itu, lari pasti akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan jogging karena lari membutuhkan lebih banyak energi dan tenaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini