Moms Khawatir saat Mandikan Bayi Baru Lahir? Ini Dia 5 Tipsnya

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 612 2264496 moms-khawatir-saat-mandikan-bayi-baru-lahir-ini-dia-5-tipsnya-klIRb9crSq.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MEMANDIKAN bayi baru lahir dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Begitu juga saat memberi makan, mengganti popok, atau bermain.

Bayi baru lahir memang perlu diperlakukan dengan ekstra hati-hati, termasuk saat mandi. Lantai kamar mandi yang licin, serta posisi saat bayi mandi pun patut diperhatikan ibu.

Dilansir Timesofindia, ada lima tips mudah yang dapat dilakukan saat memandikan anak. Berikut ulasannya.

Jangan biarkan bayi sendiri

Bayi belum dapat berdiri atau duduk dengan tegak. Posisi kepala yang tenggelam dalam air dapat membahayakan si kecil. Jika Anda perlu keluar kamar mandi, bawa si kecil atau minta orang lain untuk mengawasi si kecil.

Baca Juga: 4 Gaya Hana Hanifah Pakai Rok Mini, Awas Imanmu Goyah Guys

Gunakan bak kecil

 bayi

Bak kecil dapat mempermudah Anda saat memandikan si kecil. Selain lebih mudah mengontrol posisi si kecil, Anda juga lebih mudah dapat mengatur suhu air untuk mandi si kecil.

Jaga si kecil tetap hangat

bayi

Ruangan tempat anda memandikan si kecil bisa saja lebih dingin dari air saat mandi. Jadi, cepat keringkan bada si kecil setelah mandi. Salah satunya adalah menutup bagian kepala si kecil karena tidak memiliki banyak rambut.

Gunakan tidak terlalu banyak air

Saat si kecil belum mencapai 3 bulan, Anda dapat memandikan si kecil dengan spons saja. Anda dapat melakukan cara tersebut bergantian. Hari ini mandi dengan spons saja, besok mandi dengan bak air.

Hati-hati saat memandikan si kecil

Bersihkan bagian badan si kecil yang terlihat. Jangan membersihkan bagian dalam telingan atau hidung dengan kapas. Tidak hanya itu, jangan mandikan bayi sebelum tali pusar lepas. Biasanya, tali pusar akan lepas dalam 14 hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini