Selain karena Rokok, Kenali 4 Penyebab Gusi Berdarah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 612 2264725 selain-karena-rokok-kenali-4-penyebab-gusi-berdarah-2VfTg8eMEz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGGOSOK gigi terlalu keras memang bisa menyebabkan adanya pendarahan. Hal ini karena gusi kita mengalami luka dan akhirnya berdarah.

Kondisi ini kadang menyebabkan rasa perih, terutama saat makan. Tapi, selain menggosok gigi terlalu keras ada beberapa penyebab lainnya. Apa saja penyebabnya? Berikut seperti dilansir dari The Health Site.

Merokok

Seorang perokok dua kali lebih berisiko terkena berbagai penyakit gusi. Kenapa? Bahan kimia dari rokok yang masuk ke tubuh, bersifat racun yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Akibatnya, tubuh tidak mampu melawan bakteri pada mulut. Selain berisiko besar terkena penyakit gusi, merokok juga memperlambat penyembuhan gusi yang rusak atau terluka. Solusi terbaik, Anda harus menghentikan kebiasaan merokok.

Gusi berdarah

Menggunakan obat tertentu

Menggunakan obat tertentu bisa memengaruhi gusi Anda. Contohnya, obat antikejang dan obat pengendali tekanan darah, obat antidepresan dan juga antihistamin. Obat tersebut dapat membuat mulut kering dan gusi jadi lebih mudah berdarah. Konsultasikan pada dokter untuk meresepkan obat lain yang tidak memengaruhi gusi Anda dan perbanyak minum air putih.

Tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik

Gusi adalah jaringan yang cukup lunak, gesekan keras seperti menyikat gigi, bisa membuat gusi bengkak dan berdarah. Jarang menyikat gigi juga bisa menyebabkan kondisi yang sama.

Jadi, Anda harus rutin menyikat gigi dengan pasta gigi flouride, sebanyak dua kali sehari. Pilih sikat gigi yang berbulu lembut dan hati-hati dalam menggosokkannya pada gigi.

Makan makanan manis

Cokelat dan permen memang terasa manis dan mengenakan. Namun, sering kali tersangkut pada gigi setelah Anda makan. Jika suka dengan makanan manis, Anda harus rajin untuk membersihkan gigi setelah makan. Sisa makanan bisa menyebabkan kesehatan mulut dan gigi jadi buruk, mudah sekali membuat gusi atau gigi meradang serta mudah berdarah.

Anda memiliki gingivitis

Jarang membersihkan gigi dan mulut, akan menyebabkan plak dan bakteri menumpuk pada gigi. Seiring waktu gusi Anda bisa memerah, bengkak, mudah berdarah, dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi itu termasuk gejala dari gingivitis.

Tanpa perawatan, jaringan pada gusi akan rusak dan akibatnya gigi jadi lebih mudah lepas. Jadi, Anda harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik dan benar. Jangan lupa juga rutin memeriksa gigi Anda ke dokter supaya kesehatan mulut selalu terjaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini