5 Cara Mengatasi Rasa Takut Menjalin Cinta

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 196 2265161 5-cara-mengatasi-rasa-takut-menjalin-cinta-Q28t9Z9PXC.jpg Mengatasi rasa takut menjalin cinta (Foto: Postgradcasanova)

Saat kita sering gagal menjalin cinta, rasanya malas dan takut menjalin cinta lagi karena takut gagal. Nah, perasaan semacam itu harus kamu hilangkan jika memang ingin mencari jodoh.

Seperti dikutip dari Liveabout, ini terdapat sejumlah cara untuk mengatasi rasa takut menjalin cinta. Apa saja?

 berpikir negatif

1. Hilangkan pikiran negatif

Kalau kamu tertarik dengan seseorang yang potensial menjadi pasanganmu, coba pertama-tama hilangkan pikiran negatif kalau hubungan kalian akan gagal. Kamu harus berani mencoba dulu sebelum menyerah.

2. Curhat

Apakah kamu takut jatuh cinta karena takut patah hati. Kamu harus menghadapi dan mengatasi perasaan ini secara langsung. Caranya curhat kepada teman, keluarga, bahkan psikolog jika memang dibutuhkan.

3. Cari orang yang memang layak diperjuangkan

Tak usah takut menjalin cinta. Kamu harus mencari orang yang layak jadi pasanganmu. Ini terlihat dari bagaimana dia memperlakukanmu? Apakah kamu dan dia saling menghormati dan mempercayai satu sama lain?

Kadang rasa takut jatuh cinta muncul karena kamu tak yakin bersama dengan seseorang. Kamu takut dia tak benar-benar sayang kepadamu. Kalau misal memang dia tak benar-benar sayang padamu, sebaiknya kamu tak usah takut melepaskan agar kamu dapat pasangan yang layak. Jadi carilah orang yang memang pantas diperjuangkan.

4. Jangan takut kehilangan

Meskipun kamu suka dengan orang tersebut. Sebaiknya kamu tidak usah merasa takut kehilangan apalagi patah hati. Sebab rasa takut kehilangan yang berlebihan malah menyusahkanmu menemukan cinta sejatimu. Kalau memang ia jodohmu, ia tak akan meninggalkanmu.

Baca juga: 3 Potret Zara Adhisty Liburan di Pantai, Seru Banget Sih!

5. Membutuhkan Waktu

Mengalami ketakutan menjalin cinta tak bisa dihilangkan hanya dalam sekejap. Kamu dapat mengambil langkah-langkah kecil dan menantang dirimu setiap hari untuk membantu mengatasi rasa takut jatuh cinta, seperti membuat upaya untuk terbuka dengan calon pasangan. Namun jangan paksakan diri untuk menjalin hubungan cinta kalau kamu memang belum siap.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini