5 Posisi Terbaik Menyusui Bayi, Mana yang Jadi Favorit Bunda?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 481 2264944 5-posisi-terbaik-menyusui-bayi-mana-yang-jadi-favorit-bunda-7F60XT7DX6.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

ASI eksklusif merupakan makanan terpenting bagi bayi. Ini karena ASI eksklusif mengandung banyak sekali manfaat bagi perkembangan bayi. Karena itu, para ibu akan berusaha untuk bisa menyusui bayinya.

Selain mengonsumsi makanan sehat guna mendapatkan kualitas ASI terbaik, bunda juga perlu posisi yang nyaman saat menyusui bayi. Karena, jika posisinya nyaman, durasi menyusui pun bisa jadi lebih lama.

Melansir Times of India pada Kamis (20/8/2020), berikut 5 posisi terbaik saat menyusui.

1. The cradle hold

Posisi Menyusui Bayi

Cradle hold adalah posisi menyusui yang umum. Memang agak sulit untuk mulai menyusui dari posisi ini, tetapi setelah bayi bunda dapat menyusu dengan baik, ini adalah posisi yang paling umum dan nyaman untuk menyusui.

Baca Juga : Pesona Anya Geraldine Jadi Dewi Cinta Aphrodite, Cantik Banget!

2. The laidback nursing position

Posisi Menyusui Bayi

Ini adalah posisi alami pertama yang digunakan ibu untuk menyusui bayinya. Ini adalah pilihan yang baik untuk siapa saja tetapi sangat membantu untuk bayi prematur, kembar dan bayi yang mengalami kesulitan untuk melekat.

3. The cross-cradle hold

Posisi Menyusui Bayi

Cradle silang juga disebut cross over the hold adalah posisi yang baik untuk bayi baru lahir dan bayi yang tidak dapat menyusu dengan mudah.

Posisi tersebut memberi Anda gambaran yang jelas tentang puting dan mulut bayi Anda, yang memberi Anda keuntungan untuk mengawasi bayi menyusu dengan benar.

4. The football hold

Posisi Menyusui Bayi

The football hold adalah pilihan sempurna untuk menyusui bayi kembar. Ini adalah posisi yang baik untuk ibu yang melahirkan dengan operasi caesar.

Posisi ini sangat membantu bunda yang memiliki payudara besar atau puting terbalik. Posisi ini juga menawarkan pandangan yang lebih baik ke mulut bayi dan juga puting.

5. Posisi berbaring menyamping

Posisi Menyusui Bayi

Para ibu seringkali merasa lelah karena harus menyusui bayinya dalam waktu yang sangat singkat. Posisi ini paling baik untuk ibu saat mereka merasa lelah. Ini juga merupakan posisi yang bagus untuk bayi yang menyusu pada malam hari. Selain itu, posisi ini juga nyaman untuk ibu yang menjalani operasi caesar.

Posisi terbaik untuk menyusui adalah bergantian. Menggunakan posisi yang berbeda, membantu bayi Anda mengeluarkan ASI dengan mudah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini