Bikin Japanese Milk Bread ala Tasyi Athasyia Untuk Isi Libur Panjang Yuk

Vina Destya, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 298 2265374 bikin-japanese-milk-bread-ala-tasyi-athasyia-untuk-isi-libur-panjang-yuk-TJgP0r6fc6.jpg Japanese Milk Bread. (Foto: YouTube Tasyi Athasyia)

MASYARAKAT saat ini sedang merasakan libur panjang selama empat hari, dimulai sejak hari Kamis, 20 Agustus sampai Minggu 23 Agustus 2020 mendatang. Meskipun masih di tengah pandemi Covid-19, nampaknya sudah banyak pula tempat wisata yang dibuka untuk umum.

Tetapi, protokol kesehatan dan imbauan untuk tetap di rumah masih terus di lakukan. Agar tidak bosan menjalankan long weekend, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saat libur panjang, lho!

Selain beres-beres atau menghias rumah, masak juga menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu libur panjang. Untuk itu, Okezone coba rangkum bahan dan langkah-langkah pembuatan dessert Japanese Milk Bread ala Tasyi Athasyia yang bisa Okezoners coba di rumah.

Bahan Adonan Roti:

bahan roti

250 gram tepung cakra

180 ml susu cair hangat

25 gram susu kental manis

5 gram ragi

35 gram mentega

40 gram gula pasir

Garam

Pewarna makanan (opsional)

Bahan Isian Roti:

Air

5 sdm susu bubuk sachet

Tepung maizena

2,5 sdm gula pasir

Langkah-langkah pembuatan roti:

Pertama, yang harus dilakukan adalah mencampur susu cair hangat dan gula pasir. Aduk sebentar, lalu tambahkan ragi dan aduk sebentar sebelum ditutup mengenakan lap dan didiamkan selama 10 menit.

Setelah 10 menit, di mangkuk lain tambahkan susu kental manis, tepung cakra, dan larutan bahan campuran sebelumnya. Diaduk dan diuleni mengunakan tangan, lalu tambahkan mentega dan garam. Perlu diingat cara menambahkan menteganya harus dilakukan secara bertahap. Terus uleni sampai adonan kalis.

Setelah adonan menjadi kalis, bentuk menjadi bulat tutup kembali menggunakan kain lap selama 30 menit.

Setelah 30 menit berlalu dan adonan mengembang, kempeskan dengan menusuk-nusuk adonan menggunakan tangan untuk mengeluarkan gas yang ada pada adonan.

Lalu potong adonan menjadi 3 atau 4 bagian, langkah ini dilakukan untuk membentuk dan memberi warna adonan. Pemberian pewarna pada adonan merupakan optional, bisa dilakukan ataupun tidak karena tidak berpengaruh pada rasa. Hanya saja, jika tidak diberi pewarna hasilnya nanti akan lebih mirip dengan roti sobek, dan yang saat ini sedang viral Japanese Milk Bread memiliki warna yang lebih beragam.

Setelah diberi pewarna dan membentuk adonan menjadi bulat, diamkan kembali selama 10 menit.

Sambil menunggu adonan yang sedang didiamkan, kali ini memasuki langkah-langkah pembuatan isian roti.

Pertama masukan susu bubuk sachet ke dalam panci, tambahkan air lalu aduk sebentar. Setelah itu, tambahkan gula pasir dan tepung meizena agar mengental. Aduk bahan sampai mengental menyerupai vla. Sebelum dimasukkan pada adonan, lebih baik untuk mendinginkannya terlebih dahulu.

Adonan yang sudah didiamkan 10 menit tadi, dipipihkan untuk selanjutnya diisi dengan isian yang sudah dingin. Setelah itu tutup dan bentuk bulat dan simpan di Loyang. Tapi, sebelum dipanggang, adonan harus kembali ditutup menggunakan kain dan didiamkan selama 30 menit.

Setelah mengembang, taburkan terigu di atasnya dan panggang pada oven dengan suhu 145 derajat selama 25 menit. Selesai!

Menarik dicoba untuk disantai di long weekend ini, kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini