Gula Merah vs Gula Pasir, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 481 2265257 gula-merah-vs-gula-pasir-mana-yang-lebih-baik-untuk-kesehatan-aZUUGOAEJh.jpg Ilustrasi gula putih dan brown sugar (Foto: Shutterstock)

Apakah Anda seseorang yang selalu memantau apa yang Anda makan? Jika demikian, berarti Anda termasuk orang yang melakukan survei sebelum membeli produk makanan.

Seperti mengganti nasi putih dengan nasi merah, mengganti roti tawar dengan roti gandum, hingga mengganti gula pasir dengan brown sugar.

Tahukah Anda bahwa gula putih dan brown sugar atau gula merah berasal dari tempat yang sama yakni tebu? Untuk mengetahui perbedaannya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Melansir Pink Villa pada Sabtu (22/8/2020), gula pasir atau gula putih adalah sukrosa kristal yang semua molase-nya telah dihilangkan. Ini mendapat warna putih dari sukrosa.

Ilustrasi gula 

Baca juga: Potret Jessica Iskandar Pamer Bikini Leopard, Netizen: Beda Auranya

Menurut Healthline, gula putih dan gula merah berasal dari tanaman yang sama, artinya tidak banyak perbedaan di antara keduanya.

Gula merah adalah gula putih dengan molase yang ditambahkan kembali ke dalamnya. Molasses adalah sirup manis berwarna coklat yang memberikan warna coklat. Brown sugar murni melewati proses produksi yang lebih sedikit dibandingkan gula pasir.

Gula merah memiliki kandungan kalsium, zat besi, kalium yang sedikit lebih tinggi di dalamnya. Ini juga memiliki kalori lebih sedikit daripada gula putih, tetapi perbedaannya hampir tidak signifikan.

Apa bedanya?

Perbedaan utama antara gula putih dan gula merah adalah perbedaan rasa dan warna. Mereka tidak dapat digunakan secara bergantian dalam makanan karena akan mempengaruhi warna makanan. Memanggang dengan gula putih bisa membuat hidangan Anda berwarna lebih terang dibandingkan dengan saat dipanggang dengan gula merah.

Sedangkan untuk rasa, gula pasir lebih manis dari pada gula merah. Karena molase ada dalam gula merah, rasa dan warna hidangan yang Anda siapkan mungkin berubah.

Ilustrasi gula 

Mana yang lebih baik?

Keduanya adalah varietas gula yang sangat populer serta memberikan rasa dan warna berbeda. Namun, ada sedikit perbedaan dalam hal nilai gizi. Gula Merah mungkin memiliki lebih banyak mineral atau vitamin, tetapi perbedaannya tidak signifikan.

Kesimpulannya, mereka mungkin melalui proses yang berbeda dan memiliki jumlah nutrisi yang sedikit berbeda, tetapi mereka hampir sama. Jadi, semuanya bermuara pada preferensi pribadi Anda daripada manfaat kesehatan. Terlepas dari mana yang Anda pilih, Anda harus tahu bahwa moderasi adalah kuncinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini