Kenali Beda Flu dan Alergi Makanan Pada Anak

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 481 2265302 kenali-beda-flu-dan-alergi-makanan-pada-anak-1W1Ecc0FwL.jpg Ilustrasi Anak Sakit (Foto: Shutterstock)

Apakah anak Anda sering bersin dan kesulitan bernapas melalui hidung karena terasa mampet? Tentu saja, itu mungkin flu biasa. Namun, reaksi alergi terhadap beberapa makanan juga memiliki reaksi mirip.

Jika seorang anak alergi terhadap makanan, ia mulai menunjukkan gejala sedini mungkin dalam beberapa menit atau paling lambat satu jam setelah memakan makanan yang mengganggu tersebut.

Gejala umum alergi makanan pada anak muntah, diare, kram perut, gatal-gatal dan pembengkakan pada bibir, lidah, atau mulut. Sensasi gatal di tenggorokan dan bagian tubuh lainnya serta eksim juga dapat terjadi.

Ilustrasi anak flu 

Baca juga: 5 Meme Viral Bu Tejo, Emak-Emak Juara Nyinyirin Tetangga di Film Tilik

Terkadang, anak Anda mungkin mengalami kesulitan bernapas. Dalam kasus yang parah, tingkat tekanan darah turun, namun gejala mungkin berbeda dari satu anak ke anak lainnya.

Jika Anda melihat salah satu gejala di atas pada anak Anda setelah dia makan sesuatu, segera meminta bantuan dari petugas medis. Anak Anda mungkin tidak dapat menjelaskan apa yang dia rasakan.

Anda harus waspada dan menafsirkan apa yang mereka katakan. Segera ke dokter jika anak Anda mengatakan ada rasa gatal di mulut atau lidahnya terasa terlalu besar.

Tidak ada obat yang dapat mencegah alergi makanan selain obat dari dokter. Seorang dokter akan mengobati gejalanya, menganjurkan antihistamin untuk mengatasi gejalanya. Dokter mungkin juga meresepkan perlengkapan darurat yang berisi epinefrin untuk menghentikan gejala reaksi parah.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini