New Normal, 5 Tips Buat Anak Happy saat Main di Luar Rumah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 612 2265333 new-normal-5-tips-buat-anak-happy-saat-main-di-luar-rumah-L4uIfhK7OY.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

LIBUR panjang akhir pekan ini menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan sang buah hati untuk bermain di luar rumah. Tapi tentunya Anda harus mengikuti sederet protokol kesehatan agar selamat dari Covid-19.

Saat main di luar rumah, selain menyenangkan, anak-anak juga bisa mengeksplorasi suatu hal baru yang tidak bisa ia temukan di dalam rumah. Meski demikian mengajak anak untuk bermain di luar bukanlah suatu hal yang mudah.

Apalagi di era new normal, orangtua harus ekstra potektif kepada anak agar terhindar dari Covid-19. Paling utama ajarkan anak pakai masker, baju lengan panjang, hingga rajin cuci tangan.

Bukan itu saja, orangtua juga harus bisa sabar dan memahami beberapa tips supaya sang anak merasa senang saat bermain di luar rumah. Dilansir Okezone dari The Big Outside, Jumat (21/8/2020), berikut lima tipsnya.

Baca Juga: Imutnya Hana Hanifah Berbaju Serba Hitam, Buat Netizen Makin Sayang

1. Berikan kereta dorong bayi

stoller

Ketika balita Anda bisa berjalan, berikan kereta dorong dan biarkan anak Anda berjalan ke mana pun ia pergi. Baik di sekitar kota atau di jalan setapak.

Tentunya berjalan dengan si kecil membutuhkan kesabaran. Namun Anda harus terbiasa bahwa sang anak akan lebih baik berjalan daripada digendong.

2. Biasakan diri dan tidak menyerah

Melakukan berbagai macam kegiatan di luar rumah dengan bayi, balita, dan anak prasekolah seringkali menjadi pekerjaan daripada kesenangan. Tapi ingat, jangan putus asa membawa mereka keluar. Jika Anda menunggu sampai mereka berusia lebih besar, mungkin sang anak sudah tidak tertarik.

3. Jangan memaksakan kehendak

anak

Jangan memaksakan sesuatu pada anak Anda dengan terlalu keras pasalnya tindakan ini berisiko menciptakan asosiasi negatif dengan alam bebas. Mulailah dari yang kecil, dengan pendakian singkat, dan lanjutkan secara bertahap hingga acara yang lebih besar.

4. Bawalah benda motivator

Memancing anak dengan benda menarik seperti candy bar favorit mereka atau boneka binatang favorit. Lakukan hal-hal yang menciptakan asosiasi positif bagi anak-anak, seperti memberi mereka perlengkapan sendiri.

5. Berbicara dan mendengarkan

 

Aturan untuk berbicara dan mendengarkan harus diterapkan pada anak, tujuannya supaya anak tidak merengek. Beri tahu anak-anak bahwa mereka dapat berbicara tentang situasi apa pun yang tidak mereka sukai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini