Pandemi Covid-19 Bisa Buat Anak Kecanduan Gadget, Nih 5 Solusinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 612 2265770 pandemi-covid-19-bisa-buat-anak-kecanduan-gadget-nih-5-solusinya-2xQXMZShyG.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI virus corona Covid-19 membuat banyak anak melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah. Tak heran jika saat ini gadget adalah salah satu benda yang paling sering digunakan selama masa pandemi.

Tentunya penggunaan gadget ini bisa memiliki dampak terhadap pembentukan karakter seorang anak. Anak bisa menyalahgunakan penggunaan gadget dan berpotensi mengalami kecanduan. Merangkum Mobile Con 2012, berikut lima cara mendidik anak agak tidak kecanduan gadget.

Gadget anak

Ajarkan hal baru

Dukunglah anak Anda untuk mempelajari hal-hal baru. Jika sang anak memiliki potensi menyanyi, maka jangan ragu untuk mendaftarkan mereka ke kelas musik. Jika memiliki minat dalam menari, maka kirimkan mereka ke sekolah tari. Sangat penting bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan dan bakat melalui pembelajaran berbasis tindakan.

Libatkan dalam aktivitas fisik

Ketika anak-anak kecanduan gadget, maka gaya hidup mereka menjadi tidak aktif yanga berujung pada obesitas dan meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu, mendorong anak-anak untuk aktif dengan melakukan berbagai aktivitas fisik salah satunya memperkenalkan mereka pada olahraga.

Tetapkan batasan penggunaan gadget

Jangan larang anak menggunakan gadget, namun Anda dapat menetapkan batas waktu penggunaan gadget yang diizinkan. Menurut penelitian, yang terbaik adalah membatasi waktu menggunakan gadget hingga dua jam saja.

Pastikan anak tidur tepat waktu

Kurang tidur adalah salah satu efek negatif utama dari penggunaan gadget. Komputer dan gadget memancarkan radiasi dan cahaya terang yang dapat menekan produksi melatonin, hormon yang berperan untuk membuat seseorang tidur. Karena itu, pastikan anak-anak tidur paling cepat pukul 9 malam.

Selalu berkomunikasi dengan anak

Salah satu alasan mengapa anak-anak terpaksa menggunakan gadget karena tidak ada yang bisa mereka ajak bicara. Dengan demikian, buat mereka menemukan kebahagiaan dalam berbagi ilmu dan cerita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini