6 Jenis Makanan untuk Mengatasi Sembelit, Apa Saja?

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 298 2266047 6-jenis-makanan-untuk-mengatasi-sembelit-apa-saja-KolQgZYqj7.jpg Buah apel (Foto: AARP)

Saat perut sembelit dan susah buang air besar rasanya perut menjadi begah. Akibatnya melakukan aktivitas apapun menjadi tak nyaman.

Nah, ternyata terdapat berbagai jenis makanan yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit seperti dilansir dari Boldsky. Apa saja ya?

 minyak biji wijen

1. Minyak biji wijen

Minyak biji wijen rupanya dapat mengatasi sembelit, karena mampu melumasi jalannya usus. Fases Anda jadi tidak keras jika konsumsi bahan ini. Lebih enak lagi minyak biji wijen ini disantap dengan salad sayuran atau sereal.

2. Teh mint dan jahe

Minuman teh mint ditambah dengan jahe bisa melemaskan otot saluran pencernaan. Terlebih jahe ada juga efek menghangatkan perut. Para ahli juga menyebutkan bahwa minuman ini sama dengan pencahar alami untuk mengatasi sembelit.

3. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, suatu zat yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan membantu mencegah pertumbuhan berlebih dari beberapa mikroorganisme usus yang dapat mengganggu pencernaan yang sehat, sehingga mendorong pergerakan usus yang lebih cepat.

4. Kiwi

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam kiwi menjadikannya buah yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar Anda. Selain itu, kiwi adalah obat pencahar yang sangat baik dan menyebabkan pembentukan feses yang lebih besar dan lembut.

5. Apel

Mengkonsumsi apel dapat membantu meredakan sembelit karena adanya serat pektin, yang dapat membantu mempercepat pergerakan feses melalui usus, memperbaiki gejala sembelit

Baca juga: Pariwisata Raja Ampat Kembali Dibuka, Wisatawan Wajib Registrasi Online

6. Anggur

Bagi sebagian orang, makan buah anggur dapat meningkatkan pergerakan usus lebih baik. Ini karena anggur memiliki rasio kulit-daging yang tinggi, yang berarti kaya akan serat dan juga kaya akan air

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini