Lezatnya 5 Menu Sarapan untuk Penderita Diabetes

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 298 2266191 lezatnya-5-menu-sarapan-untuk-penderita-diabetes-zTA3ZdlC0k.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

POLA makan yang bergizi merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat bagi penderita diabetes. Namun, banyak pantangan makanan bagi penderita diabetes. Yuk cari tahu bagaimana membuat makanan yang enak dan sehat bagi penderita diabetes.

Mengatur makan sehat yang kaya nutrisi dan rendah kalori adalah pola makan terbaik untuk penderita diabetes karena membantu mengatur kadar glukosa darah. Makanan seperti ikan, sayuran hijau, protein tanpa lemak, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan dianggap baik untuk penderita diabetes.

Tapi, itu tidak berarti makanan Anda hambar dan membosankan, Anda dapat menyajikan dengan berbagai cara menarik. Dilansir Okezone dari Boldsky ini dia makanan yang menarik bagi penderita diabetes.

1. Telur dadar sayuran

omelette

Telur sangat baik menurunkan risiko komplikasi diabetes. Cobalah menyiapkan telur dadar yang memiliki khasiat sayur-mayur, menjadikannya hidangan yang sehat untuk disantap.

Cara: Panaskan satu sendok minyak zaitun dalam wajan dan tambahkan bawang bombay cincang, bawang putih, tomat, cabai, bayam, jamur, dan tumis. Tambahkan kunyit, cabai, dan bubuk jinten, taburi daun ketumbar segar dan daun bawang. Tambahkan dua telur kocok ke dalam wajan dan tambahkan sedikit garam untuk menambah rasa. Masak telur dengan baik dan lipat telur dadar.

Baca Juga: Pakai Busana Serba Merah, Pamela Safitri Pamerkan Pakaian Dalam Krem

2. Oat masala

Oat adalah sumber serat makanan larut yang kaya yang membantu menjaga kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin

Cara: Tumis bawang bombay cincang, tomat, cabai, jahe dan bawang putih dalam satu sendok teh minyak zaitun. Tambahkan potongan sayuran pilihan Anda dan tumis selama beberapa menit, lalu tambahkan garam masala, cabai dan bubuk kunyit, dan sedikit garam. Tambahkan secangkir gandum ke dalamnya dan tuangkan dua cangkir air. Aduk perlahan, tutup dan biarkan mendidih selama lima menit sampai oat matang.

3. Sandwich isi ayam

sandwich

Roti gandum kaya akan serat makanan dan nutrisi penting lainnya memberikan Anda kesehata.

Caranya: Dalam satu sendok teh minyak zaitun, tumis bawang bombay cincang, tomat, bubuk bumbu, pasta jahe dan bawang putih. Tambahkan paneer yang hancur atau potongan ayam cincang dan tumis. Tambahkan sedikit garam dan sisihkan. Ambil roti gandum utuh dan olesi campuran di atasnya dan panggang.

4. Salad kacang hitam

Kacang hitam tinggi protein dan serat yang membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes karena membantu menjaga kadar gula darah.

Cara: Campur kacang hitam matang dengan potongan sayuran pilihan Anda untuk menyiapkan salad. Anda bisa menuangkan satu sendok teh minyak zaitun untuk membuatnya enak.

5. Selai kacang di atas stik roti

6Selai kacang adalah pilihan yang baik untuk camilan diabetes. Ini akan memberi tubuh Anda serat makanan, protein dan nutrisi penting lainnya

Cara: Celupkan breadstick ke dalam selai kacang dan dimakan sebagai camilan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini