Usai Liburan, Keluarga Berpotensi Jadi Klaster Baru Persebaran Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 481 2266115 usai-liburan-keluarga-berpotensi-jadi-klaster-baru-persebaran-covid-19-CqfuN4txzr.jpg Liburan keluarga (Foto: Singapore Motherhood)

Ketika perkantoran diperbolehkan untuk beroperasi kembali, kantor menjadi klaster baru persebaran Covid-19. Penyebabnya pun beragam, dari mulai luas kantor yang tidak sebanding dengan jumlah karyawan, karyawan yang mungkin terpapar Covid-19 sewaktu dari dan menuju kantor, hingga penyebab lainnya.

Saat ini, pusat perbelanjaan serta tempat rekreasi juga sudah diperbolehkan untuk beroperasi kembali. Masyarakat pun antusias menyambut hal ini karena banyak dari mereka yang merasakan kejenuhan selama masa karantina berlangsung.

liburan keluarga

Sementara itu, walaupun setiap tempat rekreasi telah membuat aturan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, namun tetap tak terlepas dari risiko penularan virus corona.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD mengatakan, antusias masyarakat untuk kembali berlibur dapat meningkatkan risiko penularan atau bahkan klaster baru persebaran Covid-19.

"Kembalinya suatu keluarga atau orang-orang dari liburannya bisa menyebabkan suatu klaster baru penyebaran Covid-19," ungkapnya saat dihubungi Okezone pada Minggu (23/8/2020).

Dokter Indah melanjutkan, sesuatu yang dapat menyebabkan kerumunan atau keramaian memang bisa menjadi suatu klaster penyebaran Covid-19. Mengingat bahwa virus corona ini sangat cepat menyebar dan dapat berakibat fatal bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta.

"Semua yang sifatnya kerumunan atau keramaian bisa menjadi klaster penyebaran Covid-19," tutur dokter Indah.

Terlebih jika seseorang melakukan perjalanan wisata saat liburan dengan menggunakan transportasi umum. Tentu banyak sekali risiko yang harus dihadapi. Sebab dari mulai keluar rumah, di dalam transportasi umum, di tempat rekreasi, hingga perjalanan kembali lagi ke rumah memiliki risikonya masing-masing dari penularan Covid-19.

Baca juga: Pariwisata Raja Ampat Kembali Dibuka, Wisatawan Wajib Registrasi Online

Jika seseorang tidak dapat menerapkan protokol kesehatan dengan tepat, maka bisa saja terjadi penularan kepada anggota keluarga lain sehingga menyebabkan klaster penularan yang baru.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini