Harus Karantina Mandiri? Twindy Rarasati Berbagi Pengalamannya

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 481 2266516 harus-karantina-mandiri-twindy-rarasati-berbagi-pengalamannya-vBORciqxrV.jpg dr Twindy Rarasati, survivor Covid-19. (Foto: Instagram/@twindyrarasati)

TIDAK semua pasien Covid 19 harus berada di rumah sakit untuk perwatan. Jika pasian memiliki gejala ringan, dapat melakukan isolasi mandiri dirumah dengan pengawasan yang ketat.

Pasien Covid 19 bergejala ringan ini bisa mencakup batuk, sakit tenggorokan, nyeri otot, lelah atau sakit kepala dapat isolasi sendiri dirumah. Isolasi mandiri di rumah sangat aman dilakukan asalkan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Isolasi mandiri di rumah pun sempat dilakukan dokter cantik dr. Twindy Rarasati, yang juga pernah positif Covid-19. Apa saja ya yang mesti dilakukan olehnya kala itu dan bisa menjadi rekomendasi untuk para pasien Covid-19 lainnya yang berjuang melawan penyakit.

Lebih lanjut, dalam acara Webinar Intiland Hidup Sehat: Jantung Sehat & Covid-19: the Dos and Don'ts, baru-baru ini, Dokter Twindy membagikan tips aman buat pasien Covid 19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Seperti apa?

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

1. Rumah sehat, berventilasi

ventilasi

Pada pasien isolasi mandiri, usahakan memiliki atau tinggal di rumah dengan ventilasi yang baik untuk pergantian udara, tidur sendiri, tidak kontak dengan orang lain, dan makan di dalam ruangan sendiri. Usahakan tidak berinteraksi apapun bersama orang lain.

2. Bikin catatan untuk gejala

Sebaiknya kita mencatat perkembangan kesehatan tubuh, karna tiap hari pasti memiliki perbedaan yang dirasakan. Bisa saja hari ini demam, besoknya muncul gejala yang lain. Dengan mencatat, kita lebuh tahu kapan harus bertindak, jika Anda melihat demam Anda sudah lebih dari tiga hari, atau sesak nafas yang berat berarti Anda harus ke rumah sakit.

3. Jangan paksakan bila tak memadai

 corona

Kita harus tahu kapan saatnya ke rumah sakit atau tidak. Jika ingin isolasi sendiri dirumah, pastikan fasilitasnya memadai. Apakah Anda memiliki tempat untuk isolasi mandiri atau tidak. Jangan sampai orang rumah Anda tertular. Sebaiknya siapkan tempat yang baik untuk menghindari interaksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini